Terbit: 8 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Anda sering mengonsumsi suplemen karena merasa kebutuhan gizi tidak terpenuhi dari makanan? Sebenarnya dengan mengatur pola makan yang tepat, kita tak perlu lagi asupan suplemen. Ya, pengaturan makanan yang tepat dapat memenuhi kebutuhan gizi.

Tak Perlu Suplemen, Ini 5 Cara Penuhi Kebutuhan Gizi

Perlukah suplemen? Suplemen lazimnya hanya dikonsumsi jika kita tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi dari makanan karena kondisi tertentu. Misal, pada kondisi hamil, menyusui, lansia atau kondisi sakit.

Nah, jika kita dapat memenuhi kebutuhan gizi dari makanan, maka kiranya tak perlu lagi mengonsumsi suplemen.

Menurut British Dietitian Association, pengaturan pola makan yang seimbang dan bervariasi jenisnya dapat memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh. Maka tidak perlu lagi kita tambahkan konsumsi suplemen.

Lalu, bagaimana pengaturan pola makan tersebut? Berikut di antaranya:

1.Mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur

Kita dianjurkan untuk mengonsumsi 3-5 porsi buah dan sayur dalam satu hari. Konsumsi buah dan sayur ini diharapkan dapat berganti-ganti jenisnya sehingga asupan zat gizi ke dalam tubuh kita juga beragam.

2. Mengonsumsi beragam jenis karbohidrat

Jika Anda masih sering mengonsumsi nasi untuk memenuhi asupan karbohidrat, maka cobalah untuk memvariasikan jenis makanan karbohidrat Anda. Sama dengan sayur dan buah, jika konsumsi sumber karbohidrat juga beragam maka asupan gizi untuk tubuh juga beragam.

3.Konsumsi susu dan produk olahan susu

Beberapa jenis vitamin dan mineral dengan jumlah yang cukup banyak pada susu, misalnya kalsium. Selain itu, produk olahan susu seperti keju atau yoghurt belakangan ini banyak yang telah terfortifikasi (menadapatkan penambahan zat gizi) sehingga bisa menjadi alternatif pilihan produk yang baik.

4. Konsumsi sumber protein yang beragam

Pilih makanan yang kaya kandungan protein karena umumnya makanan ini juga memiliki beragam jenis vitamin dan mineral, contohnya ikan, daging, telur dan kacang kedelai.

5. Membatasi asupan yang tinggi garam, gula dan minyak

Konsumsi dari ketiga jenis bahan makanan tersebut  akan menyebabkan gangguan pada kadar darah dan organ tubuh. Hal ini tentu dapat menghambat terbentuknya kondisi kesehatan yang optimal.

Pola makan yang tepat dan seimbang akan mencukupi kebutuhan gizi tubuh kita, jika dari makanan sudah dapat terpenuhi, maka konsumsi suplemen sudah tidak diperlukan lagi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi