Terbit: 9 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Biji wijen merupakan sebuah biji-bijian yang sering digunakan sebagai penghias maupun pelengkap berbagai jenis makanan. Biji wijen sendiri berasal dari tumbuhan wijen yang termasuk dalam keluarga Pedaliaceae. Sampai saat ini, biji wijen masih sangat mudah ditemukan sebab jenis biji yang satu ini cukup dinamis saat disandingkan dengan berbagai jenis makanan.

Terbukti, Biji Wijen Bisa Cegah Kanker dan Penyakit Lain

Tapi dibalik fungsinya tersebut, tahukah Anda jika ternyata biji wijen memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh? Ya, setelah hidup begitu lama, yakni sekitar 3.500 tahun, jenis biji ternyata menyimpan berbagai manfaat sehingga tidak sedikit orang yang menggunakannya sebagai terapi kesehatan.

Berikut 4 manfaat biji wijen bagi tubuh:

1. Mengurangi risiko diabetes

Biji wijen mengandung banyak kandungan zat magnesium yang diyakini bisa mengurangi risiko diabetes. Dikatakan pula minyak dari biji ini bisa mempengarhu dampak dari obat diabetes seperti  glibenclamide pada pasien yang mengidap diabetes tipe 2. Bahkan tidak hanya untuk mencegah, biji wijen juga bisa mengurangi diabetes karena manfaatnya yang mampu mengatur insulin dan kadar glukosa dalam tubuh.

2. Mencegah kanker

Biji wijen juga diyakini memiliki beberapa kandungan baik bagi kesehatan, diantaranya vitamin, mineral, anti-karsinogenik, serta kandungan fitat. Dengan begitu, biji wijen dikatakan sebagai anti kanker leukemia yang ampuh. Tidak hanya urusan kanker leukimia, nyatanya biji wijen juga dianggap bisa mencegah datangnya penyakit paru-paru, kanker prostat, usus, pancreas, serta kanker payudara.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat biji wijen juga bisa dirasakan bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan biji wijen dapat merangsang gerak peristaltik makanan melalui usus halus. Tentunya ini adalah kabar baik, sebab dengan terangsangnya gerak peristaltik, maka kemungkinan gangguan pencernaan akan lebih kecil sehingga Anda akan terhindar dari sembelit, diare, sekaligus melindungi kesehatan usus Anda.

4. Sifat Anti-Infamasi

Sampai saat ini, biji wijen dipercaya memiliki kandungan tembaga yang tinggi. Fungsi dari kandungan tersebut cukup banya, diantaranya sebagai obat peradangan pada sendi, tulang, otot, serta memperkuat dinding pembuluh darah. Selain itu, tembaga juga sangat penting untuk penyerapan zat besi yang berguna untuk memaksimalkan sirkulasi untuk emmastikan seluruh sistem organ menerima oksigen yang cukup.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi