Terbit: 18 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Salah satu penyakit degeneratif yang bisa membuat pengidapnya sangat menderita adalah penyakit asam urat. Hal ini disebabkan oleh menumpuknya kristal asam urat yang ada di dalam tubuh. Biasanya, penyebab dari peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh ini disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu, khususnya makanan yang tidak sehat.

Terong Bermanfaat Bagi Penderita Asam Urat?

Mengingat penyakit asam urat disebabkan oleh metabolisme purin, kandungan yang bisa ditemukan di beberapa jenis makanan seperti jeroan atau makanan laut, maka ada baiknya kita menghindari konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan purin tersebut dan mulai mengonsumsi makanan berpurin rendah. Beruntung, salah satu dari makanan dengan kadar purin yang rendah ini mudah untuk ditemukan dan memiliki rasa yang enak, yakni terong ungu.

Terong ungu kaya akan kandungan protein dan mineral. Beberapa jenis mineral yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan penderita asam urat adalah kalsium, mangan, magnesium, besi, forfor, seng, dan potasium. Berbagai kandungan mineral ini bisa membantu penderita asam urat untuk mengatasi rasa nyeri pada persendian akibat serangan asam urat.

Ketiga jenis mineral dari dalam terong ungu yang bisa memberikan manfaat bagi penderita asam urat adalah magnesium, zat besi, dan mangan. Kandungan ini mampu membuat tubuh penderita asam urat mengendalikan kadar asam urat di dalam persendian dengan lebih baik.

Terong ungu bisa diolah menjadi campuran sayur atau dijadikan sambal yang nikmat. Hanya saja, ada baiknya kita tidak menggoreng terong ini di dalam minyak karena tentu akan membuatnya memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang kurang sehat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi