Terbit: 23 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Meski dianggap sebagai minuman yang bisa menenangkan pikiran dan menghilangkan stres, dalam realitanya banyak orang yang khawatir untuk minum teh saat menjelang waktu tidur. Kekhawatiran ini disebabkan oleh adanya kandungan kafein di dalam teh. Kandungan ini disebut-sebut bisa menyebabkan masalah susah tidur atau insomnia. Hanya saja, ada pakar kesehatan yang justru menyebutkan bahwa minum teh justru bisa menjadi jawaban untuk mengatasi masalah insomnia. Sebenarnya, apakah teh memang bisa memberikan manfaat ini?

Teh Bisa Mengatasi Insomnia?

Meski memiliki kandungan kafein, dalam realitanya jumlah kafein di dalam teh lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang ada di dalam kopi. Alih-alih mengkhawatirkan kandungan ini saat meminumnya, kita justru harus memperhitungkan kandungan di dalam teh lainnya yang bisa membantu pikiran dan tubuh lebih rileks dan akhirnya membuat kita lebih mudah untuk terlelap dan tidur nyenyak.

Demi mendapatkan manfaat ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi teh chamomile. Kandungan di dalam teh chamomile bisa memberikan efek menenangkan seperti obat penenang sehingga bisa membantu kita untuk lebih cepat tertidur. Kandungan ini adalah apigenin, sejenis flavonoid yang bisa mempengaruhi reseptor benzodiazepine yang ada di dalam otak. Tak harus dikonsumsi dalam bentuk teh, chamomile juga bisa dijadikan aromaterapi yang bisa menghilangkan stres.

Selain minum teh chamomile sebelum tidur, ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi insomnia, yakni membuat suasana kamar tidur menjadi lebih redup, lebih bersih, lebih dingin, dan lebih rapi. Kamar tidur yang lebih nyaman bisa membuat kita mengatasi insomnia dengan efektif.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi