Terbit: 21 March 2018 | Diperbarui: 27 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Pernahkah Anda mendengar tentang produk atau susu berprotein khusus whey dan casein? Umumnya kita beranggpan bahwa yang perlu mengonsumsi kedua produk khusus tersebut adalah atlet, namun ternyata ada beberapa kondisi yang juga perlu mengonsumsi susu berprotein khusus.

Susu Protein Whey dan Casein, Apakah Hanya Untuk Atlet?

Produk dengan bentuk protein khsusus, bisa disebut dengan protein powder atau suplemen protein. Kandungan protein yang telah dibuat dalam bentuk produk khsusus ini memang bermanfaat untuk tubuh. Protein powder memiliki kandungan protein yang sama lengkapnya dengan protein pada bahan makanan segar namun lebih mudah diserap oleh tubuh.

Hal inilah yang kerap dijadikan protein powder sebagai pilihan para atlet karena kandungan proteinnya lebih cepat membentuk massa otot.

Namun sebenarnya, tidak hanya atlet yang perlu mengonsumsi protein powder, menurut Barbara Lewin, dietitian and sport nutritionist dari WebMD, ada beberapa kondisi dimana kita asupan protein powder diperlukan, yaitu:

  1. Remaja pada masa pertumbuhan

Anak-anak dan remaja memerlukan asupan protein yang baik karena protein dalam tubuhnya tidak hanya digunakan untuk beraktivitas namun juga untuk mendukung pertumbuhannya. Pemberian protein yang mudah serap bisa membantu pemenuhan proteinnya.

2. Kondisi cedera atau luka

Pada kondisi ini kebutuhan protein sebaiknya ditingkatkan agar tubuh cepat pulih. Konsumsi

whey protein sangat dianjurkan untuk atlet yang sedang mengalami cedera.

3. Pada orang yang menerapkan diet vegan

Penerapan diet vegan yang sangat ketat meningkatkan risiko tidak terpenuhinya asupan protein tubuh. Konsumsi produk whey protein dianjurkan agar penyerapan protein maksimal sehingga kebutuhannya tercukupi.

4. Saat kita sedang memulai atau berencana melakukan aktivitas/olahraga berat

Maraton atau pekerjaan fisik yang ekstra memerlukan asupan protein yang tercukupi. Untuk itu konsumsi protein powder juga dianjurkan dikonsumsi dalam kondisi ini.

Meskipun protein powder memiliki manfaat yang baik, menurut Carole Conn, profesor kesehatan dari University of New Mexico, hampir semua orang, bahkan atlet sekalipun, tetap dapat memeroleh asupan protein yang baik dari bahan makanan segar. Protein dari bahan makanan alami juga memiliki beberapa zat gizi yang dibutuhkan tubuh seperti zat gizi makro, vitamin dan mineral yang tidak ada pada protein powder.

Konsumsi protein powder tentu boleh-boleh saja, akan tetapi jangan menjadikan protein powder sebagai pengganti protein dari bahan makanan alami ya, agar asupan zat gizi kita lebih beragam dan kesehatan tubuh makin optimal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi