Terbit: 15 April 2018 | Diperbarui: 26 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Apakah Anda mengonsumsi sushi untuk diet penurunan berat badan? Ada cukup banyak pilihan makanan yang disebut mampu mendukung keberhasilan diet penurunan berat badan. Sushi, sebagai makanan yang dianggap sehat menjadi salah satu makanan yang paling sering dilirik untuk menjadi menu diet. Kira-kira efektifkah konsumsi sushi untuk penurunan berat badan?

Sushi Untuk Diet, Efektifkah?

Prinsip asupan makanan dalam diet

Seperti yang kita ketahui, prinsip penting dalam diet adalah pengaturan asupan atau kalori dari makanan. Maka dari itu penting bagi kita untuk tidak hanya memerhatikan jenis makanan namun juga kandungan kalorinya.

Kalori dalam sushi

Dalam enam potong sushi ukuran sedang berisi ikan dan sayuran, umumnya terdapat 200 hingga 250 kalori. Angka ini mampu memenuhi hampir 10-13% kebutuhan tubuh, jika saat diet kita membutuhkan 2000 kkal.

Angka ini tentu saja sangat bergantung pada jenis bahan makanan dan proses pengolahan makanan. Metode menggoreng ikan atau isi sushi lainnya, misalnya tempura, tentu akan menambah jumlah kalori pada sushi.

Selain itu penggunaan saus atau mayones pada sushi yang tidak rendah lemak juga akan berkontribusi pada penambahan asupan kalori pada sushi.

Lalu efektifkah konsumsi sushi untuk diet?

Dietitian dari Mayo Clinic, Katherine Zeratsky, menyebutkan bahwa yang penting kita perhatikan adalah asupan kalori sushi tidak boleh meningkatkan asupan kalori harian saat diet.

Jika ingin mengonsumsi sushi untuk diet maka perhitungan kalori harus tepat agar sushi dapat menggantikan menu makanan utama dengan tepat.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa kita terapkan agar konsumsi sushi bisa membantu menurunkan berat badan, yaitu:

  1. Mengonsumsi sushi dalam porsi yang kecil untuk membantu mengontrol asupan kalori
  2. Utamakan mengisi sushi dengan proporsi sayur yang lebih banyak, agar asupan serat meningkat sehingga tubuh merasa kenyang lebih lama
  3. Gunakan saus rendah lemak

Nah, jadi dengan perhitungan kalori dan penyajian yang tepat, sushi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan, ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi