Terbit: 22 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Anda tentu pernah mendengar mitos tentang ibu hamil yang tidak boleh makan nanas, kan? Bromealin inilah salah zat kandungan yang ada pada nanas yang bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan ibu hamil. Apakah Anda sudah tahu apa itu bromealin?

Sudah Tahu Apa Itu Bromealin?

Bromealin kita peroleh dari batang dan daging beberapa buah-buahan, salah satunya nanas. Jika dikonsumsi bromealin dapat memengaruhi enzim pencernaan yang ada tubuh.

Bromealin ini kerap dianggap sebagai zat yang tidak sehat karena adanya mitos diatas, padahal asupan bromealin dari makanan segar baru dianggap berbahaya jika kita mengonsumsinya setara dengan buah nanas sebanyak lebih dari 7 buah. Hal ini tentu cukup jarang dilakukan banyak orang.

Disamping adanya kepercayaan yang salah tentang bromealin, bromealin ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat. Pada beberapa kondisi adanya bromealin pada tubuh justru sangat membantu.

Asupan bromealin dalam bentuk suplemen memberikan manfaat untuk kondisi tubuh yang sedang sakit, dengan luka memar atau luka terbuka, dan pasca operasi.

Bromealin mampu memperbaiki sistem kesehatan umum tubuh pada kondisi sakit dan pasca operasi dengan memberikan manfaat yaitu:

  • Meningkatakan kesehatan tubuh secara umum tubuh pasca kondisi yang menurun
    1. Bromealin mampu bekerja sebagi pendukung kesehatan tubuh jangka pendek, bukan sebagai makanan atau obat, utamanya pada kondisi imunitas tubuh yang turun.
  • Mengurangi efek akibat infeksi
    1. Pada kondisi sakit dengan luka memar, bromealin mampu mengurangi terjadinya memar dan pembengkakan. Hal ini disebabkan bromealin mampu meningkatkan peneyerapan zat pada darah yang menyebabkan terjadinya bengkak dan memar
  • Mengurangi rasa sakit tubuh pasca operasi
    Asupan bromealin akan mendukung kesehatan tubuh secara umum dengan mengurangi rasa sakit akibat infeksi pasca operasi.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, MayoClinic menganjurkan orang dewasa untuk mengonusmsi suplemen bromealin sebesar 500 mg yang dikonsumsi dua hari sekali.

Jadi, bromealin memiliki manfaat yang juga baik untuk tubuh kita,kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi