Terbit: 12 March 2018 | Diperbarui: 31 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Dalam urusan tinggi badan, banyak orang menganggap bahwa kalsium adalah salah satu hal yang paling dibutuhkan. Kalsium sendiri merupakan mineral atau sebuah elemen kimia yang memiliki simbol Ca dan nomor atom 20 yang bermanfaat dalam proses pembentukan tulang serta gigi. Kalsium juga sangat baik bagi tulang karena bisa mencegah terjadinya osteoporosis.

Selain Kalsium, 3 Vitamin ini Juga dalam Menambah Tinggi Badan

Namun tahukah Anda, ternyata yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah tinggi badan bukan hanya kalsium saja, tapi juga beberapa asupan lainnya, seperti vitamin. Jika Anda ingin menambah tinggi badan, maka ada baiknya Anda mengetahui 3 jenis vitamin yang bisa mendukung kinerja kalsium dalam tubuh.

Berikut 3 vitamin yang dipercaya bisa menambah tinggi badan:

1. Vitamin B1

Vitamin B1 merupakan vitamin yang membantu dalam mengkonversi karbohidrat menjadi glukosa yang akhirnya digunakan sebagai penambah energi pada tubuh. Selain itu, vitamin B1 juga dipercaya membatu lancarnya proses pencernaan, kesehatan jantung, sistem saraf, dan sirkulasi darah. Maka dari itu, seluruh fungsi dari vitamin B1 dikatakan sangat baik sebagai pembantu dalam proses pertumbuhan tulang yang maksimal. Vitamin B1 sendiri bisa Anda dapatkan dari daging, biji-bijian, susu, serta jagung.

2. Vitamin B2

Vitamin yang satu ini biasa disebut Riboflavin, manfaatnya adalah sebagai produksi energi di dalam tubuh. Riboflavin juga dipercaya bisa menunjang pertumbuhan tulang, kulit, rambut, dan kuku. Maka dari itu, dikatakan jika jenis vitamin ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menambah tinggi tubuh secara maksimal. Anda bisa mendapatkan vitamin B2 dari telur, sayuran hijau, ikan, dan susu.

3. Vitamin D

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang sangat penting dalam pertumbuhan tulang. Selain untuk menguatkan, vitamin D juga bisa menambah kepadatan sehingga tulang menjadi rawan rapuh. Begitu juga sebaliknya, kekurangan vitamin D akan membuat tulang menjadi keropos. Maka dari itu, dikatakan jika vitamin D adalah jenis vitamin yang bisa membantu kalsium di dalam tubuh. Anda bisa mendapatkannya dari sinar matahari, susu, jamur, kentang, dan tomat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi