Terbit: 31 Oktober 2021 | Diperbarui: 8 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Ada labu, jagung manis, paprika kuning, kentang, tomat kuning, dan beberapa jenis sayur warna kuning tinggi gizi dan nutrisi lainnya yang bisa Anda coba. Cek di sini!

Sayur Warna Kuning Tinggi Nutrisi dan Baik untuk Kesehatan 

Sayur Warna Kuning yang Baik untuk Kesehatan

Sayuran biasanya identik dengan warna hijau. Namun bukan berarti sayuran berwarna lain tidak menyehatkan, lho. Sayur yang berwarna kuning termasuk yang sangat baik dikonsumsi karena warna tersebut dihasilkan dari kandungan antioksidan, vitamin, dan substansi lainnya.

Berikut ini sayuran warna kuning yang baik untuk kesehatan yang wajib Anda tahu.

1. Jagung manis

Jagung manis adalah jenis sayuran bertepung yang sangat mudah ditemukan di berbagai negara di dunia. Sayuran ini mengandung vitamin A, B, dan E, serta berbagai macam mineral yang melimpah. Kandungan jagung lainnya adalah vitamin C, lutein, dan zeaxanthin yang bisa menunjang kesehatan mata.

Sementara itu, serat di dalam jagung membantu meredakan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar, wasir, dan kanker usus. Butir-butir kecil berwarna kuning pada jagung juga mengandung fitokimia, senyawa yang bisa menghentikan dan mengeliminasi pertumbuhan sel kanker.

Cara mengolah jagung juga tidak sulit, bisa dipanggang, dikukus, atau dijadikan campuran masakan lain agar lebih nikmat.

2. Paprika kuning

Paprika kuning bisa disebut sebagai buah dan sayur. Sayur dengan warna mencolok ini sebagian besar komposisinya adalah air dengan sedikit kandungan karbohidrat, protein, dan lemak di dalamnya.

Paprika kuning adalah sumber nutrisi, serat, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain itu, sayuran ini juga mengandung folat, substansi yang mendukung fungsi sel darah merah. Vitamin K yang dapat mencegah penggumpalan darah dalam tubuh juga bisa ditemukan di dalam paprika kuning.

Kandungan vitamin C yang melimpah di dalamnya memiliki peran vital dalam memperkuat sistem imun, energi, kesehatan kulit, perlindungan dari penyakit, dan penyembuhan luka.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat, Sayur Hidroponik atau Sayur Biasa?

3. Kentang

Kentang adalah makanan favorit banyak orang karena bisa diolah menjadi banyak makanan. Agar kentang menjadi makanan menyehatkan, perhatikan cara memasak dan penyajiannya. Hindari menyajikan kentang dengan mentega, krim, dan keju karena bisa menambah kalorinya.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam kentang antara lain adalah niasin, asam pantotenat, vitamin C, vitamin B6, mangan, dan fosfor. Fosfor adalah kandungan yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga struktur membran sel. Substansi ini juga dibutuhkan untuk memproduksi energi dan menguatkan tulang.

4. Labu kuning

Vitamin A menjadi nutrisi yang paling banyak terkandung di dalam labu kuning. Kandungan vitamin A yang ada pada 200 gram labu kuning matang sudah mencukup 200 persen jumlah kebutuhan harian vitamin A dalam tubuh.

Labu kuning sayur warna kuning yang baik untuk kesehatan sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan indera penglihatan dan meningkatkan daya tahan tubuh karena terdapat vitamin C juga di dalamnya.

5. Tomat kuning

Bila dicampurkan ke dalam masakan, tomat kuning bisa memberi warna yang membuat makanan terlihat semakin menggoda. Tomat kuning tersedia dalam berbagai macam ukuran di pasaran, mulai dari seukuran ceri hingga seukuran buah jeruk.

Sayur ini kaya kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, namun dengan tingkat keasaman yang lebih rendah dibandingkan tomat merah.

6. Buncis kuning

Buncis kuning adalah sayur warna kuning yang baik untuk kesehatan dengan kandungan banyak senyawa kimia alami yang bisa melawan kanker, termasuk isoflavon. Buncis kuning juga mengandung fitosterol yang mampu menghambat penyerapan kolesterol, yang nantinya dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga: 10 Kulit Buah dan Sayuran Ini Tinggi Khasiat, Jangan Dibuang!

7. Kembang kol kuning

Sayuran warna kuning lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah kembang kol warna kuning. Kembang kol kuning kaya akan kandungan serat, asam lemak omega 3, vitamin C, dan vitamin K. Mengkonsumsi sayuran ini membantu menjaga kesehatan jantung dan pencernaan.

8. Golden beet

Golden beet atau bit emas mungkin masih belum umum, karena bit merah lebih banyak dikonsumsi. Rasa umbi-umbian ini lebih manis dibandingkan kerabatnya yang berwarna merah lho.

Kandungan utama golden beet adalah beta-karoten, yang nantinya diubah menjadi vitamin A begitu masuk ke dalam tubuh. Vitamin A dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Manfaat golden beet lainnya adalah menyehatkan jantung, membantu ginjal menetralisir racun, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta mengurangi kelelahan.

Berbagai jenis sayur warna kuning tinggi gizi dan nutrisi di atas sangat baik untuk kesehatan. Namun cara pengolahannya juga harus diperhatikan. Hindari menambahkan terlalu banyak minyak saat memasak sayuran agar tidak menambah kadar lemak. Konsumsi sayur dengan cara yang lebih sehat seperti direbus untuk mendapatkan manfaatnya secara utuh.

 

  1. DeGroat, Whitney. 2020. List of Deep Yellow Vegetables. https://www.ehow.com/info_8367841_list-deep-yellow-vegetables.html. (Diakses pada 26 Oktober 2021).
  2. Keating, Corinne. 2018. 7 Yellow Vegetables with Health Benefits. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/yellow-vegetables#yellow-beans. (Diakses pada 26 Oktober 2021).
  3. Miller, Laura. 2019. What Are Some Yellow Vegetables – Growing Vegetables That Are Yellow. https://www.gardeningknowhow.com/edible/vegetables/yellow-vegetables.htm. (Diakses pada 26 Oktober 2021).
  4. Staughton, John. 2021. 12 Best Yellow Vegetables. https://www.organicfacts.net/yellow-vegetables.html. (Diakses pada 26 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi