Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 26 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kekurangan asupan vitamin tertentu disebut mampu mencegah hingga mengatasi terjadinya multiple sclerosis. Kira-kira perlukan kita memperolehnya dari suplemen?

Perlukan Konsumsi Suplemen Vitamin Untuk Cegah Multiple Sclerosis?

Multiple sclerosis (MS) disebabkan oleh kelainan autoimun, genetik, atau perubahan gen tertentu. Namun ternyata kekurangan zat gizi tertentu dapat meningkatkan risiko terjadinya MS.

Vitamin D untuk mengatasi MS

Beberapa studi menunjukkan bahwa kurangnya kadar vitamin D dalam tubuh akan meningkatkan risiko terjadinya serangan MS.

Maka dari itu kini asupan vitamin D yang cukup mulai dianjurkan untuk mencegah atau mengatasi MS. Pakar kesehatan dari Mayo Clinic, Brent Bauer menyebutkan bahwa pada kondisi kekurangan vitamin D yang cukup parah, maka suplementasi vitamin D diperlukan.

Dosis vitamin D

Bauer menyebutkan bahwa kini dosis suplemen yang dianjurkan untuk orang dewasa agar dapat mencegah terjadinya MS adalah suplemen vitamin D, khususnya D3, sebesar 4000 IU.

Pada beberapa kondisi hal ini bisa meningkat, namun tentu dengan memerhatikan banyak hal seperti kondisi fisik dan derajat penyakit. Dosis yang lebih tepat bisa diperoleh dengan mengetahui kadar vitamin D dalam darah, yang kemudian dikonsultasikan dengan dokter dalam penentuan dosis.

Asupan vitamin D yang berlebihan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, karena akan menimbulkan berkurangnya asupan zat gizi lain serta memperberat kerja organ dan sistem dalam tubuh.

Asupan vitamin D secara alami tetap dianjurkan

Asupan dosis suplemen yang tepat bersamaan dengan asupan makanan dan paparan sinar matahari yang cukup dapat memberikan manfaat maksimal utamanya dalam pencegahan terjadinya MS dan penyakit lainnya yang disebabkan kekurangan vitamin D.

Sehingga Bauer juga menganjurkan asupan makanan dan paparan vitamin D yang cukup tetap diusahakan.

Nah, kini Anda sudah tahu, kan, bahwa penyakit MS dapat dicegah dengan asupan vitamin D yang cukup. Jadi selalu penuhi kebutuhan vitamin D Anda ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi