Terbit: 23 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kita tentu bisa dengan mudah menemukan penjual nanas madu di pinggir jalan, bukan? Kebanyakan orang membeli nanas madu karena menganggapnya sebagai buah yang murah meriah namun nikmat untuk dikonsumsi. Hanya saja, ada juga anggapan yang menyebutkan bahwa nanas madu bisa menurunkan kolesterol. Apakah hal ini benar adanya?

Nanas Madu Bisa Turunkan Kolesterol?

Pakar kesehatan menyebut nanas madu sebagai buah yang kaya akan serat, antioksidan, vitamin C, mangan, dan mineral. Sebagaimana kita ketahui, vitamin C termasuk dalam kandungan yang bisa membuat kolesterol menjadi lebih stabil, membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, mencegah datangnya flu, dan membuat pembuluh darah tetap sehat. Kandungan mangan di dalamnya juga mampu mendukung proses pemecahan asam amino dan protein dengan lebih baik.

Mangan ternyata juga bisa membuat kadar gula darah menurun. Hal ini tentu akan mencegah datangnya diabetes dan masalah metabolisme. Selain itu, kandungan bromelain juga bisa mencegah datangnya peradangan pada tubuh. Enzim ini juga mampu membuat metabolisme tubuh meningkat sehingga proses pengubahan lemak menjadi energi juga bisa menjadi lebih efektif.

Tingginya kadar serat dan vitamin C di dalam nanas madu memang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini berarti, anggapan bahwa buah ini memang bisa mengatasi kolesterol tinggi memang benar adanya.

Hanya saja, pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak hanya mengandalkan nanas madu saja untuk mengatasi masalah kolesterol. Akan jauh lebih baik jika kita juga mengubah pola makan menjadi lebih sehat, khususnya dalam hal menambah konsumsi buah dan sayur. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi yoghurt yang sangat baik bagi kondisi kolesterol tubuh.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi