Terbit: 15 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Anda hobi memasak? Kita tentu tahu bahwa memasak adalah proses penting untuk menjamin kualitas makanan yang kita konsumsi ya. Untuk itu kita perlu mengetahui apa saja tips sederhana yang membuat masakan menjadi sehat.

Mudah Dilakukan, 3 Tips Sehat Saat Memasak

Tentu ada cukup banyak poin yang mendukung makanan yang sehat. Berbagai poin tersebut dimulai dengan penanganan yang tepat mulai dari pembelian, pencucian, penyimpanan, pengolahan hingga pemasakan.

Proses memasak menjadi poin penentu kualitas dan kesehatan makanan. Maka dari itu penting bagi kita memastikan keamanan makanan untuk membuat masakan yang sehat.

Taylor Wolfram, dietitian dari Academy Nutrition and Dietetic menyebutkan beberapa tips sederhana yang penting kita perhatikan dalam memasak, yaitu:

1. Mencicipi makanan saat sudah matang

Tentu sering ya kita mencicipi makanan, baik bumbu masakan atau adonan makanan. Hal tersebut sangat umum jika dilakukan saat makanan mentah. Untuk menjamin agar makanan tetap aman saat kita cicipi, maka sebaiknya cicipi masakan saat sudah matang saja.
Jika yang sedang kita masak adalah adonan kue, maka matangkan terlebih dahulu kue dalam porsi kecil baru kemudian kita mencicipinya dan menambahkan rasa yang mungkin kurang setelahnya.

2. Memastikan kematangan makanan

Meskipun kita sudah menggunakan patokan jam untuk memasak makanan. Tidak ada salahnya untuk memastikan kematangan masakan, misalnya daging, ikan atau kue, dengan menggunakan garpu yang ditusukkan ke bagian tengah bahan makanan.
Hal ini untuk memastikan kematangan makanan secara fisik. Seperti yang kita ketahui mengonsumsi makanan yang tidak matang sempurna berisiko meningkatkan kontaminasi bakteri, utamanya salmonella.

3. Mencuci tangan

Sederhana tapi cukup jarang dilakukan banyak orang. Mencuci tangan saat memasak dianjurkan sebelum memasak, setelah mengolah makanan mentah, misalnya daging atau ikan (untuk mengurangi kontaminasi bakteri ke makanan matang seperti buah) dan setelah selesai memasak. Pastikan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Ketiga hal diatas merupakan hal kritis terkait keamanan dan kesehatan masakan yang bisa kita atasi dengan mudah. Jadi, kita bisa melakukan tiga hal sederhana diatas saat memasak, kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi