Terbit: 22 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Meski menyegarkan untuk dikonsumsi, apalagi saat cuaca sangat panas, minuman bersoda disebut-sebut bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes atau obesitas karena tingginya kadar gula dalam minuman tersebut. Namun, ada yang menyebutkan bahwa minuman ini juga bisa menyebaban masalah kolesterol tinggi. Apakah hal ini benar adanya?

Minum Soda Bisa Bikin Kolesterol Tinggi?

Dikutip dari Cholesterol Guardian, apa yang kita konsumsi memang bisa memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Sebagai contoh, Jika kita mengonsumsi makanan yang kaya akan gula tambahan, maka kadar gula darah akan meningkat dan ikut membuat kadar kolesterol jahat ikut naik. Selain itu, beberapa makanan lain yang memiliki kandungan lemak jenuh seperti gorengan dan minuman dengan kadar kafein juga bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Soda Berkafein dan Gula Tinggi

Soda ternyata memiliki kadar kafein dan gula dalam jumlah yang sangat tinggi. Hal ini berarti, mengonsumsi minuman ini secara rutin juga mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat dengan signifikan.

Sebagai informasi, soda ternyata memiliki kandungan gula dan pemanis buatan dalam jumlah yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa meningkatkan kadar trigliserida dan akhirnya memicu peningkatan kolesterol jahat dan risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung.

Minuman bersoda juga kaya akan kandungan kalori yang bisa meningkatkan berat badan. Padahal, jika kita sampai mengalami kelebihan berat badan, ada kecenderungan tubuh juga memiliki kadar kolesterol yang berlebihan yang tentu membahayakan kesehatan.

Bagaimana dengan soda diet? Jangan salah, soda diet juga memiliki kandungan pemanis buatan yang juga sangat buruk bagi kadar kolesterol dan bahkan bisa memicu diabetes tipe 2 yang sangat berbahaya. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tak lagi mengonsumsi minuman bersoda demi kesehatan.

Sobat Sehat masih suka minum soda?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi