Terbit: 26 Februari 2018 | Diperbarui: 28 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Buah yang berwarna memang sangat menarik dan menggoda untuk kita konsumsi. Selain itu kita tentu tahu bahwa warna alami yang ada pada buah memiliki manfaat dari masing-masing warna yang terkandung didalamnya. Namun bagaimana dengan buah yang berwarna putih, apakah tidak memiliki manfaat seperti buah yang berwarna?

Meskipun Tak Berwarna, Buah Warna Putih Juga Kaya Manfaat

Buah memiliki kandungan zat atau pigmen warna yang memberikan warna berbeda pada masing-masing jenis buah. Buah yang berwarna memiliki kandungan zat fitokimia yang tinggi, fitokimia merupakan zat non gizi yang bermanfaat jika dikonsumsi. Kandungan zat fitokimia ini erat kaitannya dengan adanya kandungan antoksidan yang ada pada buah.

Buah yang berwarna putih disebut-sebut tidak memiliki kandungan antoksidan sebanyak buah yang berwarna selain putih. Namun menurut pakar kesehatan Rita Ramayulis, buah yang memiliki daging berwarna putih memiliki kandungan betaglukan dan lignin. Kandungan betaglukan dan lignin pada buah erat kaitannya dengan asupan serat pada tubuh.

Betaglukan yang terdapat pada buah berwarna putih merupakan salah satu bentuk serat yang disebut bermanfaat untuk tubuh sebagai pencegah terjadinya peningkatan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Sedangkan lignin merupakan bagian dari serat yang mampu membantu melancarkan pencernaan dengan menyediakan makanan bagi bakteri usus. Sehingga lignin mendukung fungsi serat pada tubuh.

Selain manfaatnya yang merupakan pendukung sistem pencernaan tubuh, buah yang berwarna putih umumnya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Hal ini menyebabkan buah berwarna putih memiliki manfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

Manfaat dari buah yang berwarna putih dapat kita peroleh dari buah seperti, salak, bengkuang dan sirsak. Selain itu buah-buahan yang warnanya cenderung putih bening seperti duku, kelengkeng dan leci juga merupakan golongan buah yang berwarna putih.

Buah berwarna putih ternyata memiliki manfaat bagi pencernaan dan ketahanan tubuh. Jadi buah berwarna putih juga tidak mau kalah dalam hal manfaat dibandingkan dengan buah berwarna cerah lainnya ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi