Terbit: 19 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Minyak ikan merupakan salah satu produk alami yang banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, minyak ikan sendiri lebih dikenal sebagai obat alami yang dapat memperpanjang daya ingat. Kendati demikian, ternyata terkuak sejumlah fakta baru mengenai manfaat minyak ikan. Siapa yang akan menyangka jika minyak ikan dapat digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Nah, berikut penjelasan singkat mengenai manfaat minyak ikan untuk kulit Anda.

Mengonsumsi Minyak Ikan Jadikan Kulit Lebih Sehat?

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Dilansir dari laman My Vitamins, minyak ikan merupakan salah satu bahan alami yang mengandung sejumlah fatty acid. Fatty acid ternyata juga berperan dalam menjaga kelembapan kulit. Tidak heran jika mengonsumsi minyak ikan secara rutin dapat menghindarkan kulit dari risiko kulit kering, mengelupas atau pun breakout.

2. Menjadikan Kulit Lebih Glowing

Manfaat lainnya dari pengonsumsian minyak ikan adalah menjadikan kulit terlihat lebih glowing. Hasil tersebut rupanya masih berkaitan dengan kandungan fatty acid yang cukup beragam pada minyak ikan. Saat sel kulit ternutrisi oleh fatty acid, secara otomatis hal tersebut akan memicu proses rejuvenasi sel kulit. Tidak heran jika kulit akan tampak lebih glowing dari biasanya.

3. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh wanita zaman sekarang. Bukan hanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, penuaan dini juga disebabkan oleh polusi udara serta penggunaan produk dengan kandungan bahan kimia berbahaya. Maka dari itu, dibutuhkan perawatan khusus untuk mencegah hal tersebut. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan dapat melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas yang menjadi pemicu penuana dini.

Kendati minyak ikan merupakan salah satu produk alami yang menyehatkan dan memiliki beragam manfaat baik, tidak ada salahnya untuk mengetahui dosis tepat dalam mengonsumsi minyak ikan. Pasalnya, mengonsumsi minyak ikan secara berlebihan justru memicu masalah lain yang membuat kesehatan kulit dan tubuh terganggu, lho!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi