Terbit: 14 April 2018 | Diperbarui: 28 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Madu Manuka merupakan salah satu madu yang berasal dari New Zealand. Berbeda dari madu biasanya, madu Manuka merupakan madu yang dihasilkan oleh koloni madu yang tinggal di semak Manuka. Bicara soal madu Manuka, jenis madu satu ini rupanya sudah sangat sering digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Dilansir dari laman Dr. Axe, madu Manuka bahkan dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staph. Berikut sejumlah manfaat dari madu Manuka yang wajib diketahui.

Mengenal Madu Manuka dan Manfaatnya!

1. Menjaga Lambung Tetap Sehat

Dilansir dari laman Dr. Axe, mengonsumsi madu Manuka dapat menjaga kesehatan organ pencernaan. Apalagi, madu Manuka dikenal akan kandungan antibiotiknya yang ampuh membunuh bakteri jahat pada lambung. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi madu Manuka juga dapat mencegah naiknya asam lambung yang menyebabkan maag.

2. Mengatasi Jerawat dan Eczema

Fungsi lain dari madu Manuka adalah ampuh dalam mengatasi jerawat dan eczema. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antimikroba yang menjaga kulit tetap steril. Selain itu, mengoleskan madu Manuka pada area kulit yang bermasalah juga mempercepat proses penyembuhan kulit.

3. Mencegah Radang Tenggorokan

Tidak hanya baik digunakan untuk merawat kulit, madu Manuka juga kerap digunakan untuk mencegah maupun mengatasi radang tenggorokan. Hal ini bahkan teah dibuktikan lewat Journal of Leukocyte Biology pada tahun 2007 silam. Dalam jurnal tersebut terungkap jika madu Manuka mengandung komponen 5,8-kDa yang menstimulasi peningkatan sel imun.

Madu Manuka merupakan salah satu varian madu yang memang sudah terkenal akan khasiatnya. Kendati masih asing di telinga orang Indonesia, keampuhan madu Manuka ini ternyata sudah dikenal oleh banyak negara. Bahkan, madu Manuka kini sudah bisa didapatkan di sejumlah negara, tidak hanya New Zealand saja.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi