Terbit: 28 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Microwave memang bisa membantu kita memasak atau memanaskan makanan dengan mudah dan cepat. Sayangnya, kadangkala kita melakukan kesalahan saat menggunakannya, yakni dengan menggunakan wadah plastik sebagai tempat makanan tersebut.

Jangan Memanaskan Makanan dalam Wadah Plastik di Microwave!

Dilansir dari Boldsky, sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard menghasilkan fakta mengejutkan bahwa menggunakan wadah plastik sebagai tempat makanan saat memanaskannya di microwave bisa memicu kanker. Hal ini disebabkan oleh terlepasnya zat kimia bernama dioxin yang ada pada bahan plastik ke dalam makanan. Jika kita kerap mengonsumsi makanan yang sudah terpapar bahan kimia dioxin ini, maka risiko untuk terkena kanker pun meningkat dengan signifikan.

Plastik terbuat dari berbagai bahan kimia, termasuk BPA (bisphenol-A) dan phthalates. BPA kerap dianggap sebagai plastik keras dan kerap digunakan untuk membuat plastik bening. Sementara itu, phthalates dipakai sebagai bahan pembuat plastik yang lembut. Meskipun bisa bermanfaat sebagai wadah dari berbagai benda, termasuk makanan, kedua bahan ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya kanker, kerap mengonsumsi makanan yang dipanaskan dalam microwave di dalam wadah plastik juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit lainnya seperti hipertensi, obesitas, diabetes, gangguan fungsi endokrin, perubahan hormon, hingga masalah kesuburan. Dampak ini bahkan jauh lebih besar jika makanan yang dipanaskan adalah yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi.

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk membeli wadah makanan yang memang sudah dipastikan aman untuk dipakai di dalam microwave. Wadah ini sudah bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi