Terbit: 8 March 2018 | Diperbarui: 9 May 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Anda berencana membeli suplemen? Pemilihan suplemen harus tepat agar manfaatnya juga sesuai kebutuhan tubuh. Lalu, bagaimana cara memilih supleme ini, ya?

Lakukan 3 Cara Ini Sebelum Memilih dan Membeli Suplemen

Ada berbagai jenis dan bentuk suplemen, misalnya saja jenis vitamin dan mineral dalam bentuk tablet, sirup, tablet larut atau bubuk yang dapat dengan mudah kita peroleh.

Nah, dalam memilih suplemen kita harus selektif agar suplemen yang kita pilih dapat memberikan hasil yang optimal untuk tubuh.

Adapun cara pemilihan suplemen dengan tepat, menurut The Association of United Kingdom Dietitian, adalah:

1. Berkonsultasi pada tenaga kesehatan untuk menentukan kebutuhan

Tenaga kesehatan dapat menentukan suplemen apa yang Anda butuhkan. Tenaga kesehatan akan memeriksa bagaimana kondisi kesehatan tubuh Anda, apa asupan gizi yang masih kurang. Kemudian, penentuan jenis suplemen, dosis yang tepat dan ada atau tidaknya interaksi dengan makanan, obat atau suatu kondisi yang sedang kita alami.

2. Menentukan kualitas suplemen

Karena banyaknya pilihan suplemen di pasaran, maka kita harus teliti dahulu sebelum membelinya. Caranya, ketahui kualitas produk dengan membaca label produk dengan teliti. Kita harus memastikan apa saja yang terkandung pada produk tersebut. Jika perlu mencari tahu apa arti dari zat yang terkandung dalam suplemen itu. Perhatikan pula berapa dosis yang tertulis pada label untuk setiap sajiannya, pastikan dosis yang kita konsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh tenaga kesehatan saat kita berkonsultasi. Perhatikan juga apakah produk telah memiliki standar sesuai yang dikeluarkan kementerian atau BPOM.

3. Membeli di tempat yang terpercaya

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, kita bisa memeroleh berbagai jenis barang termasuk suplemen secara online. Kita dianjurkan untuk membeli dari sumber yang terpercaya misalnya apotek atau toko swalayan, karena umumnya perusahaan penyedia suplemen yang dijual pada tempat tersebut lebih terpecaya.

Dalam mengonsumsi suplemen kita harus teliti dan selektif memilih produk, hal ini penting agar suplemen yang kita konsumsi dapat mendukung kondisi kesehatan tubuh secara maksimal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi