Terbit: 10 Maret 2018 | Diperbarui: 9 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Apakah Anda sering menjadikan makanan kemasan sebagai pilihan ngemil? Camilan kemasan seperti berbagai jenis keripik atau coklat yang dominan rasa manis dan asinnya, memang sangat menggoda. Tidak heran banyak orang yang seakan ketagihan dan menjadikan camilan kemasan menjadi pilihan camilan-nya.

Mau Ngemil Camilan Kemasan? Perhatikan Label Ini Agar Tetap Sehat

Camilan yang memiliki banyak kandungan lemak, gula dan garam sebenarnya kurang tepat dijadikan pilihan untuk ngemil. Namun, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa camilan kemasan memiliki berbagai jenis dan ketersediaan yang cukup banyak di pasaran. Maka dari itu jika kita ingin menjadikan camilan kemasan sebagai pilihan, kita harus mengetahui bagaimana cara memilihnya dengan tepat.

Menurut British Dietitian Association, kita perlu memerhatikan label yang ada pada camilan kemasan untuk menghindari asupan lemak, gula dan garam yang berlebihan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada camilan kemasan adalah:

    • Kandungan gula, garam dan lemak yang rendah

Angka dibawah ini adalah kandungan gula, garam dan lemak yang rendah pada camilan kemasan sehingga baik untuk kita konsumsi:
– Kandungan lemak kurang dari 3 gram dalam 100 gram camilan kemasan
– Kandungan gula kurang dari 5 gram per 100 gram camilan kemasan
– Kandungan garam kurang dari 0,3 gram dalam 100 gram camilan kemasan

    • Kandungan gula, garam dan lemak yang tinggi

Hindari camilan kemasan jika kandungan gula, garam dan lemaknya tinggi, dengan angka dibawah ini:
– Kandungan lemak lebih dari 17,5 gram per 100 gram camilan kemasan
– Kandungan gula lebih dari 22,5 gram dalam 100 gram camilan kemasan
– Kandungan garam lebih dari 1,5 gram per 100 gram camilan kemasan

Label dangan keterangan diatas lazim ada pada label bahan makanan yang dituliskan dengan lemak total, gula dan natrium. Selain itu, kandungan gizi pada bahan makanan umumnya sudah ditunjukkan dalam ukuran 100 gram. Sehingga kita dapat langsung melihat kandungannya pada label tanpa perlu mengalikan atau membagi angka.

Jika kita sudah memilih camilan kemasan yang rendah lemak, gula dan garam maka kita bisa mengonsumsi camilan kemasan tersebut sebagai pilihan camilan yang sehat ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi