Terbit: 11 Februari 2022 | Diperbarui: 14 Februari 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Mengonsumsi ulat bagi sebagian orang mungkin terdengar aneh, namun bagi masyarakat Papua atau orang-orang yang berada di Indonesia Timur, konsumsi ulat yang berasal dari pohon sagu adalah hal yang biasa. Simak penjelasan mengenai manfaat ulat sagu bagi kesehatan, selengkapnya di bawah ini.

5 Manfaat Ulat Sagu untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Ulat Sagu dan Pentingnya Protein bagi Tubuh

Ulat sagu adalah larva dari kumbang merah kelapa (Rhynchophorus ferruginesus) yang merupakan serangga ambivalen. Kondisi ini membuatnya menjadi organisme yang merugikan sebagai hama dalam sektor perkebunan, namun dapat menguntungkan sebagai sumber protein.

Berdasarkan hasil analisis proksimat, hewan ini mengandung 13,80 % protein, 18,09 % lemak, dan 64,21 % air .

Sementara itu, protein merupakan komponen penting bagi sel. Sel berperan dalam pembentukan dan pertumbuhan tubuh. Protein sendiri digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi jika karbohidrat dan lemak tidak tercukupi. Meski tubuh bisa membentuk cadangan protein, jumlahnya sangat kecil.

Selain itu, protein juga berperan sebagai cadangan energi, pemberi tenaga, mengatur berlangsungnya proses pencernaan, dan berperan melancarkan keluar masuknya cairan nutrien serta metabolik ke seluruh darah.

Selain kaya akan kandungan protein, ulat sagu juga mengandung asam amino, minyak, karbohidrat, serat, dan mineral. Sebuah penelitian mengungkapkan, ulat mengandung magnesium, kalsium, zinc, zat besi, kalium, fosfor, serta asam lemak seperti palmitic acid dan stearic acid.

Komposisi nutrisi pada 100 gram ulat sagu kering adalah:

  • Protein 25.8 gram.
  • Lemak 38.5 gram.
  • Ash 2.1 gram.
  • Karbohidrat 33.2 gram.
  • Energi 583 kkal.

Baca Juga: 11 Gejala Kekurangan Protein yang Harus Segera Ditangani

Manfaat Ulat Sagu bagi untuk Kesehatan

Makanan berprotein tinggi umumnya memiliki harga yang mahal, namun Anda tidak perlu khawatir karena terdapat makanan yang mengandung protein tinggi namun memiliki harga yang terjangkau, salah satunya adalah ulat sagu.

Meski bisa menjadi salah satu alternatif sumber protein yang terjangkau, masih banyak masyarakat yang belum terbiasa memakannya. Berikut adalah berbagai manfaat ulat sagu untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat makanan yang terdapat pada ulat membantu mencegah risiko sembelit dan perut kembung. Selain itu, ulat termasuk makanan yang mudah dicerna sehingga dapat meningkatkan metabolisme.

2. Membantu Menguatkan Tulang dan Gigi

Ulat sagu kaya akan mineral seperti kalsium dan magnesium, yang membantu memperkuat tulang dan gigi. Selain itu, dengan mengonsumsinya Anda mendiversifikasi asupan nutrisi dan memberi tubuh banyak nutrisi penting.

3. Memelihara Kesehatan Sel

Seperti penjelasan sebelumnya, ulat mengandung protein yang tinggi. Senyawa ini merupakan bahan pembangun utama pada tubuh.

Saat dikonsumsi, protein yang terdapat  pada ulat menjadi asam amino. Kemudian, asam amino diubah lagi menjadi protein yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Fungsi utamanya adalah sebagai komponen struktural yang berhubungan dengan sel yang rusak.

Sedangkan komponen fungsional berkaitan dengan fungsinya sebagai komponen enzim yang mengkatalis proses biokimia sel.

Sebuah studi yang menganalisis protein ulat sagu mengungkapkan bahwa, hewan ini memiliki kandungan protein tinggi pada tahap larva. Kandungan proteinnya hampir sama dengan kedelai dan kandungan kolesterolnya juga terbilang rendah.

Baca Juga: Protein Hewani: Definisi, Manfaat, Sumber

4. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi Anda yang menderita diabetes, mengonsumsi ulat sagu adalah salah satu pilihan makanan sehat yang bisa dicoba. Selain membantu menjaga kadar gula tetap stabil, makanan ini juga membantu mengurangi kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit lain.

5. Melawan Infeksi Bakteri

Sebuah studi menunjukkan bahwa ulat dapat memberikan perlindungan dari infeksi karena sifat antimikrobannya. Sementara itu, kandungan mineral seperti zat besi dan zinc yang ada pada ulat sagu juga membantu memerangi infeksi.

Nah, itulah berbagai manfaat ulat sagu yang berguna bagi kesehatan tubuh. Apa Anda mau coba?

 

  1. Anonim. http://repository.unimus.ac.id/3053/4/11%20BAB%20II%20fix.pdf. (Diakses pada 11 Februari 2022).
  2. Collins, Nwokolo. 2021. 7 Amazing Health Benefits of Sago Worm. https://healthguide.ng/health-benefits-sago-worms/. (Diakses pada 11 Februari 2022).
  3. Dawan, Arman. 2019. Analisis Kandungan Protein Ulat Sagu (Rhynchophorus
    ferrugineus) Dengan Menggunakan Metode Kjedhal. http://repository.iainambon.ac.id/364/2/BAB%20I%2C%20III%2C%20V_54.pdf. (Diakses pada 11 Februari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi