Terbit: 5 August 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Apakah Anda termasuk orang yang suka makan telur asin? Jangan salah, selain rasanya yang lezat, telur asin juga menyimpan beragam khasiat untuk kesehatan. Apa saja manfaat telur asin yang bisa Anda peroleh? Simak di sini.

Penuh Nutrisi, Ini 10 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Gizi di Dalam Telur Asin

Telur asin adalah telur yang diawetkan dengan menggunakan garam sehingga mampu bertahan lama. Pada umumnya, telur yang diproses menjadi telur asin adalah telur bebek. Pasalnya, telur ini memiliki cangkang yang lebih baik dalam menyerap garam.

Selain itu, tekstur yang dimiliki oleh telur bebek lebih kenyal dan rasanya lebih gurih daripada telur ayam. Ukuran telur bebek pun lebih besar daripada telur ayam sehingga Anda memiliki kepuasan yang lebih tinggi saat menyantapnya.

Dalam hal kandungan gizi, telur bebek memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi, terutama kandungan protein. Selain itu, ada sejumlah kandungan gizi lain yang mendatangkan manfaat sehat bagi tubuh.

Melansir World Population Food, telur asin mengandung sejumlah gizi, di antaranya:

  • Protein: 9 gram.
  • Lemak: 9.6 gram.
  • Vitamin A: 472 IU.
  • Vitamin B-12: 3.8 mcg.
  • Zat besi: 2.7 mg.
  • Selenium: 25.5 mcg.
  • Kolesterol: 619 mg.
  • Potasium: 165 mg.
  • Selenium: 25.5 mcg.
  • Karbohidrat: 1.08 gram.
  • Sodium: 397 mg.

Baca Juga: Manfaat Telur Angsa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan

Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa manfaat telur asin bagi tubuh. Penggunaan telur bebek dan serangkaian proses pembuatan telur asin berkontribusi terhadap manfaat telur asin yang hadir.

Berikut ini adalah beberapa manfaat telur asin bagi tubuh:

1. Membantu Regenerasi Sel

Manfaat telur asin yang paling umum diketahui adalah meregenerasi sel-sel tubuh yang telah rusak. Kandungan protein di dalam telur asin mampu membantu mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak sehingga sel-sel tubuh yang sehat dan berguna bagi tubuh dapat diproduksi.

Konsumsi telur asin dapat membantu regenerasi sel secara lebih optimal sekaligus mempercepat metabolisme tubuh.

2. Meningkatkan Massa Otot

Telur asin memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Khasiat ini hadir berkat kandungan protein yang tinggi pada telur asin.

Perlu Anda ketahui, protein mampu membangun dan membentuk massa otot sehingga menjadi lebih padat dan kuat.

Itulah yang menjadi alasan para atlet atau orang-orang yang memiliki aktivitas fisik tinggi perlu mengonsumsi telur, terutama bagian putihnya saja karena bagian ini lebih kaya akan kandungan protein.

Jadi, apabila Anda termasuk orang yang aktif secara fisik, konsumsi telur asin bisa membantu meningkatkan massa otot sehingga tidak mudah lelah.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Protein di dalam telur asin merupakan protein hewani. Jenis protein ini baik untuk menjaga kesehatan tulang. Inilah yang menjadi alasan konsumsi telur asin akan membantu menjaga massa tulang.

Manfaat telur asin juga bisa untuk mencegah osteoporosis. Hal ini merupakan hal yang penting, terutama bagi wanita yang telah menopause. Asupan telur asin bisa menjaga tulang Anda tetap sehat walaupun telah masuk masa menopause.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan protein pada telur memberikan energi yang cukup pada sel-sel tubuh untuk mencerna, mendistribusikan, dan memanfaatkan zat-zat gizi dari makanan dan minuman. Hal ini membuat tubuh mendapatkan manfaat makanan yang baik untuk tumbuh kembang.

5. Menurunkan Kadar Lipid Darah

Kadar lipid darah seperti halnya kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi; adalah sesuatu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi masalah medis lainnya seperti penyakit degeneratif.

Kandungan yang pada pada telur asin bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah.

6. Mengatasi masalah anemia

Manfaat telur asin juga bisa mengobati dan mencegah masalah anemia. Kandungan zat besi yang ada di dalam telur asin bisa membantu tubuh untuk mengatasi anemia defisiensi besi. 

Gejala-gejala anemia yang dapat diamati, antara lain:

  • Pusing.
  • Mua.
  • Kelelahan.

Baca Juga: 13 Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan (Kandungan Nutrisi)

7. Membantu Fungsi Kognitif

Salah satu manfaat makan telur asin lainnya adalah kemampuannya dalam mendukung perkembangan otak. Khasiat ini hadir berkat kandungan omega-3 di dalamnya.

Telur asin mengandung omega-3 yang membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak. Omega 3 juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan pada otak. Ibu hamil dan anak-anak perlu mengonsumsi telur asin.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Siapa yang sangka, telur asin memiliki manfaat untuk kulit. Asupan telur asin bisa menjaga kesehatan kulit. Khasiat ini ada berkat kandungan vitamin E di dalam telur.

Vitamin E baik untuk mencerahkan kulit dan menghaluskan kulit. Kulit juga akan terhindar dari berbagai masalah kulit, seperti iritasi, gatal-gatal, ruam, dan lain-lain.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Selain kesehatan kulit, telur asin juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A membantu menjaga mata agar tetap memiliki penglihatan yang baik.

Selain itu, berbagai masalah mata bisa dicegah dengan asupan vitamin A yang cukup. Anda bisa mendapatkan vitamin A dengan mengonsumsi telur asin.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang baik akan menjaga tubuh tetap fit. Anda bisa memperoleh manfaat telur asin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini berkat kandungan selenium di dalamnya.

Dengan begitu, konsumsi telur asin secara rutin mampu menjaga vitalitas tubuh Anda.

Itulah beberapa manfaat telur asin yang sayang untuk Anda lewatkan. Kombinasikan konsumsi telur asin dengan makanan bergizi lengkap dan seimbang lainnya agar manfaatnya untuk kesehatan Anda peroleh secara maksimal.

 

  1. Anonim. Health Benefits of Duck Eggs. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-duck-eggs. (Diakses pada 4 Agustus 2022).
  2. Anonim. Impressing Health Benefits of Salted Egg Nutrition. https://eduzaurus.com/free-essay-samples/impressing-health-benefits-of-salted-egg-nutrition/. (Diakses pada 4 Agustus 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi