Terbit: 12 October 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Telur adalah makanan yang banyak dikonsumsi karena dikenal kaya kandungan vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh. Telur angsa juga memiliki kandungan nutrisi tinggi, bahkan lebih tinggi dari telur ayam. Cari tahu lebih lanjut tentang informasi nutrisi lengkap dan manfaat telur angsa untuk kesehatan.

Manfaat Telur Angsa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kandungan Nutrisi dalam Telur Angsa

Satu butir telur angsa memiliki rata-rata berat 140 gram. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah:

  • Kalori: 259 (13% dari AKG).
  • Karbohidrat: 2 gram (2% dari AKG).
  • Gula: 0 gram.
  • Protein: 19 gram (36% dari AKG).
  • Lemak: 15 gram (23% dari AKG).
  • Garam: 0 gram.
  • Serat: 0 gram.

Kandungan mikronutrien lainnya dalam telur angsa

Berikut ini adalah kandungan mikronutrien terbaik yang bisa ditemukan dalam 1 butir telur angsa.

  • Vitamin B12 (7.14µg/179% dari AKG). Baik untuk kesehatan mental, meningkatkan fungsi sistem imun, mengurangi kelelahan.
  • Kolin (368,76 mg/75% dari AKG). Baik untuk kesehatan liver, meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproses lemak, baik untuk kesehatan jantung.
  • Selenium (51.66µg/74% dari AKG). Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mendukung sistem imun, mendukung fungsi tiroid normal.
  • Pantothenic Acid dalam vitamin B5 (2,463 mg/50% dari AKG). meningkatkan kesehatan mental, pembentukan energi, mengurangi kelelahan.
  • Fosfor (291,2 mg/42% dari AKG). Baik untuk mendukung fungsi sel tubuh, pembentukan energi, membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, mendukung pertumbuhan anak.
  • Riboflavin dari vitamin B2 (0,535 mg/42% dari AKG). Menyehatkan penglihatan, melindungi sel-sel tubuh, mengurangi kelelahan.
  • Lutein dan zeaxanthin (618.8µg). Melindungi mata dari kerusakan dan penyakit degenerasi, menguatkan memori di usia senja.

Manfaat Telur Angsa bagi Kesehatan

Ini dia manfaat mengkonsumsi telur angsa untuk kesehatan:

1. Baik untuk kesuburan rahim

Telur angsa memiliki kandungan asam folat yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Asam folat di dalam telur angsa rebus khususnya sangat baik untuk kesuburan rahim wanita.

2. Mendukung perkembangan otak

Ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi telur angsa agar bayi menjadi cerdas dan pintar. Telur angsa mampu mendukung perkembangan otak bayi secara maksimal, tidak hanya selama masa kehamilan tetapi hingga 3 tahun pertama kehidupannya.

3. Mempercepat proses kehamilan

Manfaat telur angsa lainnya adalah mampu mempercepat proses kehamilan. Bagi pasangan yang sedang menjalani program hamil, konsumsi telur angsa dapat membantu stimulasi dan mempercepat proses pembuahan.

Baca Juga: 13 Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan (Kandungan Nutrisi)

4. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun sangat penting untuk tubuh manusia karena mampu melawan berbagai macam virus dan bakteri penyebab penyakit. Telur angsa dapat membantu meningkatkan kinerja sistem imun. Dengan demikian tubuh tidak mudah sakit, tidak mudah lelah, dan membuat Anda tetap produktif dan energik.

5. Menghilangkan jerawat

Selain untuk kesehatan tubuh secara umum, telur angsa juga diklaim dapat menyehatkan untuk kulit. Anda bisa menggunakan bagian putih telur angsa untuk merawat kulit berjerawat. Ikuti langkah sederhana di bawah ini untuk membuat masker kulit berjerawat dengan telur angsa:

  • Pisahkan putih telur dari kuningnya.
  • Tambahkan air lemon atau madu, aduk hingga tercampur rata.
  • Oleskan ke seluruh wajah secara merata, diamkan hingga kering.
  • Bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

6. Sumber protein yang baik

Telur angsa juga tinggi akan kandungan protein, sekitar 13,9% dari total berat sebutir telur angsa. Protein sangat baik untuk kesehatan tubuh, antara lain untuk membangun dan menambah massa otot, memberikan asupan energi untuk beraktivitas, mengikat lemak, dan meningkatkan sistem imun.

Baca Juga: 11 Manfaat Kuning Telur, Kandungan, Cara Memasak yang Benar!

7. Tinggi kandungan besi dan potassium

Kandungan besi dan potassium di dalam telur angsa juga sangat tinggi. Manfaat dari besi dan potasium adalah mendukung pembentukan eritrosit, mencegah anemia, meningkatkan sistem imun, mempercepat proses penyembuhan luka.

8. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Manfaat telur angsa untuk kesehatan lainnya adalah untuk merawat tulang dan gigi dengan baik. Kalsium dan fosfor di dalam telur angsa sangat tinggi, sehingga dapat juga mencegah osteoporosis dan menambah tinggi badan selama masa pertumbuhan.

9. Kaya kandungan vitamin B12

Kandungan vitamin lain yang dapat ditemukan dalam telur angsa adalah B12. Vitamin B12 bermanfaat untuk merawat sistem saraf, mempercepat laju stimulus ke saraf penglihatan, meningkatkan sistem imun, mencegah sariawan dan bibir pecah-pecah.

10. Tinggi kandungan lemak

Lemak memang tidak baik untuk kesehatan. Namun konsumsi lemak dalam kadar yang tidak berlebihan sangat baik untuk kesehatan. Kandungan lemak dalam telur angsa sangat baik untuk otak, yaitu mendukung fungsi kognitif, meningkatkan kemampuan mengingat, dan membuat otak lebih fokus.

Baca Juga: 13 Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan (Kandungan Nutrisi)

Bagaimana Cara Mengolah Telur Angsa?

Cara mengolah telur angsa sama dengan mengolah telur pada umumnya. Tergantung cara memasaknya, Anda akan mendapatkan citarasa yang berbeda. Misalnya, telur angsa orak arik memiliki rasa yang mirip dengan telur ayam.

Namun, telur angsa yang direbus memiliki rasa yang lebih kaya dan lebih berlemak, mirip dengan telur bebek. Perlu diperhatikan bahwa merebus telur angsa sebaiknya sampai matang sempurna untuk mencegah munculnya penyakit tertentu yang diakibatkan oleh makanan.

Sebelum direbus, cuci telur hingga benar-benar bersih. Agar awet dan tahan lama, simpan telur di dalam lemari es. Pastikan kondisi tangan Anda bersih sebelum mengolah telur, terutama jika telur dinikmati mentah, misalnya untuk campuran salad.

 

  1. CheckYourFood. 2021. Goose eggs. https://www.checkyourfood.com/ingredients/ingredient/436/goose-eggs. (Diakses pada 10 Oktober 2021).
  2. Ipatenco, Sara. 2019. Nutritional Stats on Chicken Eggs Vs. Goose Eggs. https://www.livestrong.com/article/528020-nutritional-stats-on-chicken-eggs-vs-goose-eggs/. (Diakses pada 10 Oktober 2021).
  3. Laxandru, Marius. 2021. Properties and Benefits of Goose Eggs. https://www.natureword.com/properties-and-benefits-of-goose-eggs/. (Diakses pada 10 Oktober 2021).
  4. Tserveni-Gousi, A., dkk. 2011. Production and quality of quail, pheasant, goose and turkey eggs for uses other than human consumption. https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/goose-eggs. (Diakses pada 10 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi