Terbit: 19 April 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Teh basi adalah teh yang sudah diseduh dan dibiarkan tidak diminum semalaman. Teh basi bisa berupa air seduhan atau ampas dari bubuk teh celup maupun teh tubruk. Lantas, benarkah teh basi bisa membuat kulit lebih cerah hingga membuat penis lebih besar? Yuk, simak penjelasan selengkapnya dalam penjelasan di bawah ini!

Manfaat Teh Basi Cerahkan Kulit hingga Perbesar Penis, Mitos atau Fakta?

Menilik Manfaat Teh Basi

Meskipun minum teh dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, dikatakan bahwa mengoleskannya pada kulit dan rambut sama bermanfaat. Sifat antioksidan, anti penuaan, dan antiinflamasi yang terkandung di dalam teh dipercaya membantu menjaga kulit tetap sehat dan berkilau.

Baik teh hijau maupun teh hitam mengandung kafein dan sangat kaya akan katekin dan polifenol, dua antioksidan yang dikenal mampu melawan jerawat dan penuaan. Teh juga menghasilkan toner yang luar biasa dan bisa membantu menenangkan dan mencerahkan kulit, ini karena adanya sifat pendingin.

Namun, apakah kandungan tersebut masih ada dalam teh basi yang digadang bisa mempercantik kulit dan bahkan disebut-sebut dapat memperbesar penis pria?

Berdasarkan klaim yang beredar di masyarakat tentang khasiat teh basi, berikut fakta dari mitos yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat teh basi untuk wajah diklaim bisa mencerahkan wajah. Dikatakan bahwa penggunaan teh basi yang diaplikasikan pada wajah akan mengangkat sel-sel kulit wajah yang telah mati. Sel-sel kulit yang telah mati inilah yang biasanya menjadi penyebab wajah kusam.

Namun, khasiat tersebut belum terbukti secara ilmiah, sehingga masih memerlukan penelitian untuk memastikan manfaatnya.

2. Mengencangkan kulit wajah

Para wanita sangat mendambakan wajah yang kencang karena bikin lebih awet muda. Kebanyakan wanita akan menggunakan produk perawatan wajah yang terbilang cukup mahal.

Menurut kabar yang beredar, wajah yang kencang bisa didapatkan hanya dengan menggunakan teh basi secara teratur. Namun, kabar ini juga belum terbukti secara ilmiah.

Apabila ingin mengencangkan kulit yang kendur agar tampak lebih muda, Anda menggunakan teh hijau yang tidak basi. Teh hijau mengandung antioksidan berlimpah yang membantu meremajakan kulit dan menghilangkan kerutan.

3. Mengatasi mata panda

Lingkaran hitam di sekitar kelopak mata atau yang sering disebut mata panda memang cukup mengganggu penampilan sehingga Anda merasa menjadi kurang percaya diri.

Sebagai solusinya, sebagian orang percaya bahwa manfaat teh basi bisa membantu menghilangkan mata panda. Namun, anggapan ini masih dipertanyakan kebenarannya dan belum ada penelitian klinis yang menunjang hal tersebut. 

Adapun untuk menghilangkan mata panda bisa menggunakan kantung teh bekas yang baru saja diseduh, bukan teh basi. Seperti yang dilansir Healthlinekantong teh dapat membantu mengurangi lingkaran hitam, bengkak, dan kemerahan. Cara ini juga dapat membantu mengobati iritasi, bintitan, dan mata merah muda.

4. Membuat rambut lebih sehat dan indah

Manfaat teh basi untuk rambut juga diyakini bisa membuat akar rambut lebih kokoh sehingga tidak mudah rontok. Selain itu, teh basi juga dianggap mampu membuat rambut lebih berkilau. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan anggapan tersebut.

Apabila ingin mengatasi masalah rambut, Anda bisa menggunakan ampas teh hitam bekas yang belum basi. Membilas rambut dengan teh hitam dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, karena kandungan antioksidan dan kafein yang tinggi diyakini mampu menyehatkan kulit kepala dan rambut.

5. Memperbesar penis

Apakah benar khasiat teh basi bisa membuat alat vital pria menjadi lebih besar? Beberapa ahli dan dokter mengatakan bahwa selain operasi, belum ada cara memperbesar alat vital pria yang terbukti secara klinis.

Dengan demikian, informasi tentang manfaat teh basi untuk pembesar alat vital belum terbukti kebenarannya.

Nah, itulah beberapa mitos tentang khasiat teh basi untuk kulit hingga vitalitas yang beredar di masyarakat. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat

 

  1. Anonim. 2011. Does tea lose its health benefits if it’s been stored a long time? And is it better to use loose tea or tea bags?. https://now.tufts.edu/2011/05/26/does-tea-lose-its-health-benefits-if-its-been-stored-long-time-and-it-better-use-loose. (Diakses pada 19 April 2022)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. The Foundation’s Recommendation on Penile Augmentation. https://www.urologyhealth.org/urology-a-z/p/penile-augmentation. (Diakses pada 19 April 2022)
  3. Cronkleton, Emily. 2018. What are the benefits of using tea bags on the eyes?. https://www.healthline.com/health/tea-bags-for-eyes. (Diakses pada 19 April 2022)
  4. Davidson, Katey. 2021. Does Black Tea Support Hair Health?. https://www.healthline.com/nutrition/black-tea-for-hair. (Diakses pada 19 April 2022)
  5. Rana, Sarika. 2020. How To Use Tea Bags And Tea Leaves For Beauty And Hair. https://food.ndtv.com/beauty/how-to-use-tea-bags-and-tea-leaves-for-beauty-and-hair-1863302. (Diakses pada 19 April 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi