Terbit: 27 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kebanyakan orang akan memakan buah setelah makan besar karena menganggap buah sebagai makanan pencuci mulut. Namun sebenarnya, pakar kesehatan justru lebih merekomendasikan kita untuk makan buah sebelum makan besar karena dianggap lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Makan Buah Sebelum Makan Besar

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi buah-buahan 20 atau 30 menit sebelum kita mulai makan besar. Adanya jeda waktu antara makan buah dan makan besar ini disebabkan oleh adanya kandungan gula di dalam buah yang cenderung membutuhkan waktu yang lama saat dicerna oleh perut. Karena alasan inilah kita cenderung akan mengalami sensasi perut yang kurang nyaman jika langsung mengkonsumsi buah persis setelah makan besar.

Kerugian lain yang akan didapatkan jika kita mengkonsumsi buah setelah makan besar adalah berbagai nutrisi yang ada dalam makanan dan buah tidak akan terserap dengan baik akibat dari perut yang bekerja keras mencerna kandungan gula pada buah. Alhasil, berbagai kebaikan dari makanan sehat tidak akan benar-benar kita dapatkan.

Pakar kesehatan juga lebih merekomendasikan kita untuk makan buah saat sarapan. Mengkonsumsi potongan buah atau jus tanpa tambahan gula atau bahan lain seperti mayonnaise dan es krim dianggap jauh lebih sehat bagi tubuh dan akan mendukung program diet kita. Hanya saja, jika kita terbiasa mengkonsumsi sarapan pagi agar tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan aktifitas harian. Konsumsi buah ini dilakukan sebelum kita makan besar di pagi hari, jangan hanya mengkonsumsi buah-buahan saja karena dikhawatirkan kita justru akan kekurangan asupan energi yang cukup.

Jadi, sudah tahu kan kapan waktu yang lebih baik untuk makan buah agar bisa mendapatkan manfaat kesehatannya yang maksimal?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi