Terbit: 20 Februari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Di antara berbagai varian buah berry yang populer, sudahkah kalian mendengar tentang lingonberry? Berukuran mungil dan memiliki warna merah segar, rupanya banyak manfaat lingonberry lingonberry bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja? Yuk, simak bersama!

Manfaat Lingonberry untuk Kesehatan, Segar dan Kaya Nutrisi

Apa Itu Lingonberry?

Lingonberry atau dalam bahasa latin dikenal sebagai Vaccinium vitis-idaea merupakan buah yang dihasilkan oleh semak cemara pendek. Buah ini memiliki ukuran kecil, berwarna merah, dan rasanya hampir mirip dengan buah cranberry.

Lingonberry memiliki berbagai julukan, mulai dari foxberry, quailberry, bearberry, beaverberry, cranberry gunung, partridgeberry, redberry, dan masih banyak lagi. Lingonberry tumbuh di hutan Boreal dan Tundra Arktik di seluruh belahan bumi utara dari Eurasia hingga Amerika Utara.

Tanaman yang satu ini masih satu keluarga dengan cranberry dan blueberry, oleh sebab itu jangan heran jika mereka memiliki berbagai kemiripan termasuk dari segi rasa.

Manfaat Lingonberry bagi Kesehatan

Dibalik ukurannya yang mungil, buah lingonberry ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan lho! Berikut ini adalah sederet manfaat lingonberry yang perlu kalian ketahui:

1. Menangkal radikal bebas

Dikutip dari Healthline, lingonberry adalah jenis buah yang kaya akan zat antioksidan. 100 gram buah lingonberry mengandung berbagai antioksidan seperti vitamin A, C dan E, antosianin, dan flavonoid yang dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas, khususnya yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada otak.

2. Meningkatkan fungsi otak

Tak hanya antioksidan, buah lingonberry juga kaya akan zat besi dan kalium yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah sekaligus meningkatkan suplai darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak sehingga dapat meningkatkan fungsi dan kinerja otak secara efisien.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Lingonberry kaya akan serat alami yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan mampu mencegah berbagai penyakit kardiovaskuler, seperti serangan penyakit jantung dan stroke.

Hasil penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa mengkonsumsi lingonberry dapat membantu mengendurkan arteri jantung, memperlancar aliran darah, memperlambat perkembangan aterosklerosis, menurunkan kadar trigliserida dan LDL, serta melindungi sel-sel jantung dari kerusakan oksidatif.

4. Mengontrol kadar gula dalam darah

Lingonberry kaya akan serat alami dan rendah kadar gula. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa mengkonsumsi lingonberry dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, memperlambat penyerapan gula dalam darah, serta membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

5. Meningkatkan sistem imun

Buah lingonberry kaya akan vitamin A dan vitamin C yang tidak hanya berfungsi sebagai zat antioksidan, melainkan juga memproduksi sel darah putih.

Pembentukan sel darah putih sangat penting bagi tubuh sebagai bentuk pertahanan terhadap serangan virus dan bakteri. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi lingonberry secara rutin dapat menangkal berbagai penyakit seperti demam, flu, dan batuk.

6. Mengurangi risiko kanker

Pada umumnya, kanker disebabkan oleh pengaruh radikal bebas terhadap sel-sel tubuh yang sehat. Buah lingonberry kaya akan zat antioksidan yang dapat menangkal pengaruh radikal bebas sehingga mampu mengurangi risiko kanker, seperti kanker usus, kulit, dan kanker payudara.

Tak hanya itu, hasil penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi lingonberry dapat menurunkan angka kematian akibat kanker darah serta mengurangi tingkat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

7. Menjaga berat badan ideal

Buah lingonberry kaya akan serat. Mengkonsumsi lingonberry sebagai menu diet akan sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan dan membuat perut tetap kenyang dalam waktu lama. Tak hanya itu, lingonberry juga rendah kadar gula sehingga cocok untuk dikonsumsi agar berat badan tetap ideal.

8. Mengobati infeksi saluran urin

Lingonberry mengandung proanthocyanidin, yakni jenis polifenol yang dapat berfungsi untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada dinding kandung kemih.

Oleh sebab itu, jus lingonberry apabila dikonsumsi bersama dengan jus cranberry dapat menurunkan risiko infeksi saluran kemih pada wanita hingga 40%.

9. Menjaga kesehatan mata

Manfaat lingonberry yang lain adalah menjaga kesehatan mata. Buah lingonberry kaya akan kandungan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman penglihatan, bahkan mencegah berbagai penyakit serius yang berkaitan dengan penglihatan seperti katarak, mata minus, dan rabun tua.

10. Memelihara kesehatan mulut

Periodontitis adalah jenis penyakit mulut yang disebabkan oleh infeksi dan peradangan pada gusi. Apabila dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan sekitar gigi dan gusi, serta tanggalnya gigi.

Mengkonsumsi buah lingonberry secara rutin akan mendorong terjadinya aktivitas antimikroba terhadap bakteri yang menyebabkan perkembangan penyakit periodontitis sekaligus melawan bakteri yang dapat menyebabkan peradangan pada gusi.

11. Memperkuat tulang

Kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga tingkat kepadatan tulang, serta membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tulang. Mengkonsumsi tablet kalsium maupun makanan yang mengandung kalsium dapat menurunkan risiko terkena penyakit tulang, seperti osteoporosis.

Terlepas dari ukurannya yang kecil, buah lingonberry ternyata juga mengandung kalsium dalam kadar tinggi, yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit tulang.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C dalam lingonberry juga bermanfaat untuk membantu memaksimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

Baca Juga: 20 Jenis Buah Berry yang Lezat dan Kaya Manfaat

12. Menjaga kesehatan kulit

Terakhir, manfaat lingonberry bagi tubuh ialah menjaga atau memelihara kesehatan kulit. Buah lingonberry, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal paparan radikal bebas.

Tak sampai disitu, kandungan antioksidan dalam buah lingonberry juga bermanfaat dalam memelihara kesehatan dan keremajaan kulit agar terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, seperti flek, keriput, dan jerawat.

Bukan hanya buahnya, daun tanaman lingonberry kaya akan arbutin yang dapat memperbaiki kondisi hiperpigmentasi dan meredakan bintik-bintik akibat penuaan.

Biarpun ukurannya kecil namun ternyata buah lingonberry memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, apa kalian sudah pernah mencoba memakan buah lingonberry?

 

  1. Health Benefits Times. 2022. Facts and benefits of Lingonberry (Cowberry). https://www.healthbenefitstimes.com/lingonberry/. (Diakses pada 13 Februari 2022).
  2. McCulloch, Marsha. 2019. 14 Impressive Health Benefits of Lingonberries. https://www.healthline.com/nutrition/lingonberry. (Diakses pada 13 Februari 2022).
  3. RxList. 2021. Lingonberry . https://www.rxlist.com/lingonberry/supplements.htm. (Diakses pada 13 Februari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi