Terbit: 19 Mei 2018 | Diperbarui: 24 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Ketika berpuasa, setiap orang diajurkan untuk berbuka dengan yang makanan atau minuman yang manis. Anjuran tersebut bukan tanpa alasan, karena saat berpuasa, energi di dalam tubuh terkuras. Sehingga, ketika berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis, maka energi yang terkuras saat berpuasa akan tergantikan.

3 Alasan Mengapa Dianjurkan Mengonsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa

Tak heran jika banyak orang yang menyiapkan makanan atau minuman manis saat berpuasa, khususnya kurma. Siapa yang tidak tahu buah asal Timur Tengah ini. Kurma memiliki rasa yang cukup manis sehingga digemari oleh banyak orang. Selain memiliki rasa yang cukup enak, kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Kaya Protein dan Vitamin

Kurma merupakan sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga otot agar tetap sehat. Selain itu, kurma juga bisa menjaga kesehatan tulang karena mengandung selenium, magnesium dan zinc. Tidak hanya sebagai sumber protein saja, kurma juga kaya akan vitamin, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin A1, dan vitamin C. Dengan kandungan vitamin tersebut, Anda tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen vitamin. Anda hanya perlu mengonsumsi sedikitnya 3 butir kurma setiap berbuka puasa.

2. Memperkuat Sistem Saraf

Mengonsumsi buah kurma tidak hanya dapat menyehatkan tubuh saja, melainkan juga bisa menguatkan sistem saraf. Hal ini dikarenakan kurma mengandung potassium dan sedikit sodium sehingga mampu menjaga sistem saraf tetap sehat. Tidak hanya itu, kalium yang terkandung di dalamnya juga membantu mengurangi kolesterol dan menjaga peningkatan risiko stroke.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Ketika berpuasa, sistem pencernaan akan terganggu. Sebab, asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh berkurang. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi kurma karena buah ini dipercaya bisa menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar. Caranya, rendam beberapa butir kurma dalam air, lalu kunyah hingga lembut. Dengan demikian, sistem pencernaan Anda akan terjaga dan terhindar dari masalah sembelit.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi