Terbit: 1 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Kayu secang (Caesalpinia sappan) adalah tanaman yang sering diolah menjadi minuman herbal. Beberapa orang mengklaim tanaman ini ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

11 Manfaat Kayu Secang, Bantu Atasi Asam Urat hingga Jerawat

Kandungan Kayu Secang

Tanaman ini mengandung beberapa senyawa penting bagi tubuh, antara lain:

  • Brazilin.
  • Brazilein.
  • Alkaloid.
  • Flavonoid.
  • Saponin.
  • Tanin.
  • Terpenoid.
  • Kardenolin.
  • Fenil propana.
  • Antrakinon.

Selain itu, kayu secang juga mengandung asam galat, delta-a phellandrene, oscimene, resin, resorsin, minyak atsiri, sappanchalcone, dan Caesalpin P.

Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman ini adalah salah satu bahan utama untuk membuat wedang uwuh. Rutin meminum air rebusan kayu secang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Berikut ini adalah manfaat potensial kayu secang yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Mengobati Asam Urat

Bagi Anda penderita penyakit gout atau asam urat maka mengonsumsi ramuan kayu secang baik untuk Anda. Kayu secang bermanfaat untuk mengobati kondisi tersebut karena memiliki kandungan sappanchalcone dan Caesalpin P.

Kedua kandungan tersebut memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengobati penyakit asam urat Anda.

2. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari tanaman ini adalah merelaksasi pembuluh darah. Saat pembuluh darah yang rileks, aterosklerosis atau penebalan arteri bisa dicegah dan diatasi. Tentunya, kelancaran sistem peredaran darah memberikan dampak positif pada bagian tubuh lain.

3. Antimikroba

Air rebusan kayu secang mengandung sifat antimikroba, sehingga menghambat dan mematikan pertumbuhan mikroba dengan toksisitas pada manusia relatif rendah.

Kandungan metanol dalam kayu secang dapat mencegah bakteri Staphylococcus aureus yang resisten methicillin, bakteri yang dapat menyebabkan infeksi kulit, keracunan makanan, dan infeksi sendi.

4. Mencegah Kejang

Orang yang mengalami kejang-kejang akibat epilepsi dan gangguan lainnya bisa menggunakan tanaman ini untuk meredakan gejala yang dialami.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang memiliki fungsi reaktif. Apalagi bahan herbal ini memiliki kemampuan untuk mencegah kejang.

5. Mengatasi Diabetes

Kayu secang mengandung brazilin, senyawa yang dapat membantu menurunkan gula darah. Di samping itu, tanaman herbal ini juga mengandung beberapa senyawa penting.

Beberapa senyawa penting tersebut antara lain: brazilin, Caesalpin P, sappanchalcone, dan protosappanin A. Senyawa-senyawa tersebut bertindak sebagai inhibitor atau penghambat enzim aldosa reduktase yang menyebabkan komplikasi diabetes.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jika Anda termasuk orang yang sering sakit, cobalah untuk mengonsumsi minuman yang mengandung tanaman ini. Senyawa fenolik dan flavonoid di dalamnya bisa mencegah sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Selain itu, kandungan tersebut juga bisa menghambat pembentukan berbagai radikal bebas.

7. Mengatasi Diare

Kayu secang memang sangat cocok menjadi minuman ketika musim hujan tiba. Pasalnya, selain bisa menghangatkan tubuh, kayu secang juga bisa mengobati penyakit yang biasanya muncul saat musim hujan.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan karena tanaman ini mengandung beberapa zat yang bersifat antidiare. Beberapa zat  tersebut yaitu galat, brazilin, oscimene, resin, resorsin, dan tanin.

8. Mencegah Kanker

Khasiat kayu secang yang berikutnya adalah mengobati berbagai jenis penyakit kanker dan tumor. Kayu secang memiliki kandungan kloroform, n-butanol, dan metanol-air yang memiliki sifat antikanker.

Kandungan senyawa-senyawa tersebut bisa menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dan tumor. Hal ini dikarenakan beberapa senyawa tersebut bersifat toksik bagi sel kanker dan tumor. Galur sel kanker pun bisa dihambat dan akhirnya mati.

9. Mencegah Kerusakan Hati

Berbagai kandungan senyawa penting yang ada di dalam kayu secang dipercaya dapat mencegah terjadinya kerusakan hati.

10. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Zat-zat yang bersifat antioksidan di dalam kayu secang juga bisa mencegah terjadinya salah satu penyakit berbahaya yaitu penyakit jantung koroner. Penyakit ini bisa dicegah karena zat di dalam kayu secang bisa meredam berbagai radikal bebas.

Dengan antioksidan, beberapa radikal bebas seperti radikal bebas hidroksil, radikal eroksil, radikal alkoksil, singlet oksigen, hidrogen peroksida, dan anion superoksida; bisa dihambat pembentukannya di dalam tubuh dan jantung pun menjadi lebih sehat.

11. Mengontrol Jerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat, cobalah basuh wajah dengan air rebusan kayu secang yang sudah dingin. Rutinlah melakukan cara ini untuk mendapatkan hasil yang baik.

Brazilein adalah pigmen merah yang ada di dalam ekstrak kayu secang yang mampu melawan Propionibacterium acnes; yang menjadi penyebab jerawat dan radang kelopak mata.

Meskipun kayu secang berkhasiat untuk kesehatan, Anda tidak boleh menggunakannya sebagai pengobatan utama. Jika ingin menggunakannya sebagai perawatan, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Caesalpinia Sappan Wood (Padhimugam): Uses, Side Effects, and Health Benefits. https://www.moolihai.com/health-benefits-of-caesalpinia-sappan-wood/ (Diakses pada 30 November 2022)
  2. Anonim. 2021. Budidaya Secang. https://pustaka.setjen.pertanian.go.id/index-berita/budidaya-secang. (Diakses pada 30 November 2022)
  3. Adi, Lukas Tersono. 2006. Tanaman Obat & Jus untuk Asam Urat & Rematik. Jakarta: AgroMedia.
  4. Suryaningsum, Sri dan Anis Siti Hartati. 2018. Wedang Uwuh. Klaten: Nugrah Media.
  5. Gagas Ulung & Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB. 2014. Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  6. Raghavan, Sandhya. 2017. 6 Health Benefits Of Sappanwood Or Pathimugham. https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/health-benefits-of-sappanwood-or-pathimugham-herb-k0417-485713/ (Diakses pada 30 November 2022)
  7. Syamsunarno, Mas R, et al. 2021. Protective Effects of Caesalpinia sappan Linn. and Its Bioactive Compounds on Cardiovascular Organs. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8479160/. (Diakses pada 30 November 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi