Terbit: 1 Februari 2018 | Diperbarui: 24 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Ikan teri baik yang kering atau basah ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Meski ukurannya kecil dan terlihat biasa saja, ikan laut ini justru memberikan segudang manfaat sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Untuk mengetahui seperti apa manfaat dari ikan teri, simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Ikan Teri untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

1. Kesehatan jantung
Ikan teri kering mengandung cukup banyak lemak tidak jenuh dalam dagingnya. Mengonsumsi makanan ini dengan porsi yang cukup akan menekan kolesterol jahat atau LDL. Kalau LDL dalam tubuh menurun, peluang terkena penyakit jantung atau stroke akan berkurang.

Kalau Anda memiliki penyakit hipertensi atau ginjal, ikan teri hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah tertentu karena sudah diasinkan.

2. Kesehatan kulit
Ikan teri mengandung banyak Vitamin E dan selenium. Mengonsumsi ikan teri dengan porsi yang tepat dapat menyehatkan kulit dan mencegah jerawat muncul. Kandungan ikan teri juga bisa memperkecil risiko kanker kulit saat tubuh sering terpapar sinar matahari.

3. Kesehatan mata
Ikan teri juga mengandung Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi ikan teri secara rutin atau beberapa kali dalam seminggu. Vitamin A akan membantu degenerasi makula dan katarak sehingga mata akan tetap jernih saat digunakan untuk melihat.

4. Membantu menurunkan berat badan
Ikan teri mengandung protein yang cukup banyak dan minim lemak. Dengan kandungan ini, ikan teri cocok untuk makanan penunjang diet dan mempercepat proses penurunan berat badan.

5. Mencegah anemia
Kandungan zat besi dari ikan teri cukup banyak. Setiap 100 gram ikan teri terdapat 3,9 mg zat besi. Kandungan zat besi yang tinggi akan mencegah anemia dan memperlancar kerja darah merah dalam mengalirkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh.

Dengan manfaat yang cukup banyak ini, ikan teri cukup direkomendasikan untuk dimakan dengan jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi