Terbit: 26 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Sebagian besar orang yang tidak ingin memiliki tubuh gemuk, mereka akan menghindari konsumsi garam. Hal ini dikarenakan garam sama seperti gula yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan saat dikonsumsi secara berlebihan. Tidak hanya itu saja, terlalu banyak mengonsumsi garam juga bisa menimbulkan risiko terserang penyakit berbahaya seperti darah tinggi, stroke, penyakit jantung, dan masih banyak lainnya.

Inilah Manfaat Konsumsi Garam Sebelum Berolahraga

Akan tetapi, tidak selamanya garam memiliki dampak buruk bagi tubuh. Nyatanya, kandungan sodium yang terdapat pada garam mampu memberikan manfaat baik. Sebab, kandungan sodium yang rendah di dalam tubuh dapat menyebabkan menyebabkan hiponatremia, gangguan pencernaan, masalah syaraf, hingga sakit kepala ekstrim.

Selain itu, sodium pada garam juga sangat berguna bagi Anda yang suka olahraga secara teratur. Hal ini dikarenakan jika tubuh kekurang sodium, maka otot akan melemah dan olahraga akan terasa berat. Kemudian, kurangnya sodium juga dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang parah. Akibat dari dehidrasi tersebut, maka jantung tidak akan berfungsi dengan baik.

Sementara, ketika Anda melakukan latihan kardio yang membutuhkan pompa darah dari jantung, maka akan berisiko bagi Anda yang sedang mengalami dehidrasi. Sebab, Penurunan volume darah dan denyut jantung yang semakin kencang akan menimbulkan masalah.

Dehidrasi yang disebabkan oleh kurangnya sodium juga bisa membuat badan Anda terasa lesu dan pusing sehingga akan meningkatkan risiko cedera saat Anda sedang latihan berat, atau bahkan latihan ringan sekalipun.

Oleh sebab itu, sebelum berolahraga sebaiknya Anda mengonsumsi sodium atau garam yang cukup. Hal ini dikarenakan sodium berguna untuk membantu menyimpan cairan dalam tubuh, terutama volume plasma darah sehingga terbebas dari dehidrasi yang dapat menimbulkan berbagai masalah pada saat berolahraga.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi