Terbit: 27 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Cokelat adalah salah satu jenis makanan yang memiliki rasa manis dan cukup digemari oleh kebanyakan orang, khususnya wanita. Cokelat sendiri sering dianggap sebagai makanan manis yang bisa memicu kenaikan berat badan sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi seseorang yang sedang dalam program diet.

Inilah Manfaat Dark Chocolate yang Jarang Diketahui Orang

Padahal, tidak semua cokelat bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Pasalnya, ada satu jenis cokelat yang bisa dikonsumsi kapan saja tanpa harus takut mengalami kenaikan berat badan. Cokelat tersebut adalah dark chocolate.

Dark chocolate dipercaya sebagai makanan manis yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat dari dark chocolate? Berikut diantaranya:

  • Mencegah Diabetes

Dark chocolate bisa mencegah penyakit diabetes karena telah dibuktikan oleh penelitian ketika para ilmuwan meneliti hubungan cokelat dengan tekanan darah manusia. Para peneliti tersebut menemukan hasil bahwa para responden yang mengonsumsi dark chocolate secara rutin dapat menurunkan tekanan darah. Nah, tekanan darah sendiri berkaitan erat dengan penyeimbangan gula dalam tubuh sehingga kecil kemungkinan menyebabkan diabetes.

  • Mencegah Kanker

Selain mencegah diabetes, dark chocolate juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Menurut para ahli, dark chocolate mengandung zat flavanoiddan polyphenol yang berfungsi menjaga tubuh dari virus penyakit termasuk kanker.

  • Memperbaiki Mood

Cokelat memang terkenal bisa membuat mood seseorang menjadi lebih baik. Ketika sedang stres atau mengalami kecemasan, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi dark chocolate untuk memperbaikinya sebab jenis cokelat ini mengandung endorphin atau hormon bahagia yang dapat meningkatkan mood seseorang. Biasanya, dark chocolate bisa dikonsumsi secara langsung atau menjadi olahan misalnya dihaluskan atau dicampur dengan bahan lain. Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan mencampurkan dark chocolate dengan segelas susu.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi