Terbit: 8 July 2022
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Cranberry adalah salah satu jenis buah beri-berian yang tumbuh di Amerika Utara. Buah ini memiliki rasa yang sedikit asam namun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Apa saja manfaat cranberry yang bisa Anda dapatan? Simak penjelasan lengkapnya

Meski Asam, Ini 11 Manfaat Cranberry yang Berguna untuk Tubuh

Kandungan Nutrisi Buah Cranberry

Cranberry adalah buah beri yang berbentuk kecil, bulat, dan memiliki warna merah. Buah yang memiliki nama latin Vaccinium macrocarpon ini umumnya jarang dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang begitu asam, namun cranberry dapat diolah menjadi jus, kismis, ekstrak buah, buah kering, dan suplemen.

Sebelum menikmati cranberry, ketahui terlebih dahulu kandungan nutrisi di dalamnya, antara lain:

  • 46 kalori.
  • 0 gram lemak.
  • 12 gram karbohidrat.
  • 4 gram serat.
  • 4 gram protein.
  • 0,002 gram sodium.
  • 25% vitamin C.
  • 9% vitamin A.
  • 2% potasium.
  • 1% kalsium.
  • Antioksidan.

Kandungan nutrisi buah cranberry segar berbeda dengan buah cranberry kering; karena yang kering biasanya sudah ditambah lebih banyak gula. Oleh karena itu, Anda harus teliti untuk mengecek kemasan dari produk yang Anda beli.

Manfaat Cranberry untuk Kesehatan

Buah cranberry sangat kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Cranberry juga kaya akan antioksidan, karena itulah cranberry memiliki kulit berwarna merah.

Beberapa pihak juga memberi label ‘superfood’ pada buah ini karena banyak manfaat yang ditawarkan untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengatasi Infeksi saluran kemih

Manfaat cranberry yang paling populer adalah untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Buah ini memiliki kandungan Proanthocyanidins yang berperan agar bakteri-bakteri penyebab infeksi tidak menempel di dinding kemih.

Sebuah penelitian di Fakultas Kedokteran Pusat Ilmu Kesehatan A&M Texas di Houston mengungkapkan jawaban semetara, bahwa dibutuhkan konsentrasi Proanthocyanidins yang sangat tinggi di buah cranberry untuk mencegah infeksi di dinding saluran kemih tersebut.

2. Mencegah Kanker

Cranberry mengandung antioksidan yang berperan sebagai anti-kanker dan antiinflamasi serta memperlambat perkembangan sel-sel tumor. Berdasarkan penelitian, nutrisi di buah ini memiliki efek positif pada kanker prostat, hati, payudara, usus besar, dan ovarium.

3. Melawan Radikal Bebas

Manfaat cranberry yang selanjutnya adalah untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan organ-organ manusia, serta memicu berkembangnya sel-sel kanker.

Sebuah studi di tahun 2011 membuktikan bahwa buah cranberry segar memiliki antioksidan aktif dengan pH yang lebih rendah, hal itu berarti kandungan di dalamnya dapat melawan radikal bebas.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah cranberry memiliki kandungan polifenol yang berpotensi untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2011 menemukan bahwa orang yang meminum  jus cranberry memiliki total LDL atau kolesterol jahat yang lebih rendah.

Penelitian lainnya di tahun yang sama menemukan bahwa jus cranberry berpotensi untuk meningkatkan kesehatan pada penderita arteri koroner.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sebuah studi dari Journal of Science of Food and Agriculture menemukan bahwa kandungan phytochemical di cranberry dapat menghambat produksi bakteri H. pylori untuk menjaga kesehatan pencernaan, namun penelitian lebih dalam harus tetap dikembangkan demi membuktikan data yang valid.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Bilberry bagi Kesehatan

6. Mencegah Infeksi

Sebuah penelitian pada tahun 2011 menemukan bahwa cranberry dapat menghambat perkembangan tujuh bakteri dan melawan virus-virus yang menyebabkan keracunan makanan, namun penelitian ini masih terus dikembangkan.

7. Kesehatan Pasca-Menopause

Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi buah cranberry kering setiap hari dapat mengurangi kolesterol, khususnya pada orang yang sudah menopause; di mana risiko gangguan pada jantung lebih tinggi dibandingkan orang yang belum menopause.

8. Kesehatan Gigi dan Mulut

Kandungan yang terdapat di buah cranberry dipercaya membantu mengontrol asam di mulut serta mengurangi kadar asam yang umumnya menempel di gigi. Hal inilah yang pada akhirnya akan mendukung kesehatan gigi dan mulut.

Penelitian di Center for Oral Biology and Eastman Department of Dentistry at the University of Rochester Medical Center juga menemukan bahwa, buah cranberry dapat mencegah gigi berlubang, kerusakan gigi, penyakit gusi, hingga kanker mulut.

9. Menjaga Kekebalan Tubuh

Cranberry mengandung vitamin C yang memproduksi kolagen. Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh Anda, juga berfungsi untuk kesehatan sendi, kulit, dan proses penyembuhan secara umum.

10. Sirkulasi Aliran Darah

Manfaat buah cranberry selanjutnya adalah untuk memperlancar sirkulasi darah serta membantu menurunkan tekanan darah. Sirkulasi darah yang lancar juga akan menambah energi dan fungsi kognitif.

11. Tinggi Antioksidan

Penelitian membuktikan bahwa kandungan fenol yang merupakan salah satu tipe antioksidan di buah cranberry adalah kandungan antioksidan tertinggi dibandingkan dengan 20 jenis buah serupa. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  • Mencegah penyakit liver.
  • Menjaga kesehatan mata.
  • Menurunkan tekanan darah.

Nah, itulah berbagai manfaat potensial buah cranberry untuk kesehatan. Anda dapat mengonsumsi buah ini dalam olahan jus cranberry, kismis cranberry, atau suplemen cranberry. Disarankan untuk mengolahnya tanpa pemanis buatan agar tidak mengurangi manfaat dari buah ini.

Baca Juga: Manfaat Lingonberry untuk Kesehatan, Segar dan Kaya Nutrisi

Efek Samping Cranberry

Terdapat banyak manfaat buah cranberry untuk kesehatan, namun Anda harus juga memerhatikan efek samping yang mungkin terjadi. Buah cranberry mungkin akan berinteraksi dengan beberapa obat tertentu, seperti:

  • Warfarin.
  • Siklosporin.
  • Flurbiprofen.
  • Diklofenak.
  • Amoksisilin.
  • Cefaclor.
  • Midazolam.
  • Tizanidine.

Produk olahan buah cranberry juga memiliki risiko pembentukan batu ginjal. Bila Anda memiliki riwayat penyakit ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum jus cranberry.

 

  1. Goldman, Rena. 2019. Get the Facts: The Health Benefits of Cranberry Juice. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/cranberry-juice-benefits#source-for-vitamin-c-and-e. (Diakses pada 17 Oktober 2019).
  2. Sass, Cynthia MPH, RD. 2019. 6 Health Benefits of Cranberries. https://www.health.com/nutrition/health-benefits-of-cranberries. (Diakses pada 17 Oktober 2019).
  3. Villines, Zawn. 2018. What are the health benefits of cranberry juice?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322731.php. (Diakses pada 17 Oktober 2019).
  4. Ware, Megan RDN, LD. 2017. Everything you need to know about cranberries. https://www.medicalnewstoday.com/articles/269142.php. (Diakses pada 17 Oktober 2019).
  5. WebMD. 2019. Health Benefits of Cranberries. https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-cranberries#1. (Diakses pada 17 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi