Terbit: 14 September 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Blackberry adalah buah yang sering kali dijadikan pemanis pada makanan atau minuman. Selain rasanya yang enak, buah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja khasiat yang bisa Anda dapatkan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

15 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan

Kandungan Buah Blackberry

Berikut ini berbagai kandungan gizi blackberry yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  • Vitamin C.
  • Vitamin E.
  • Vitamin K.
  • Mangan.
  • Kalsium.

Sementara dalam satu cangkir blackberry terdapat beberapa mineral, seperti:

  • Kalori: 62.
  • Protein: 2 gram.
  • Karbohidrat: 14 gram.
  • Gula: 7 gram.
  • Serat: 8 gram.
  • Lemak: Kurang dari 1 gram.

Selain itu, blackberry juga memiliki antioksidan dan kadar indeks glikemik (IG) yang cukup rendah.

Beragam Manfaat Buah Blackberry untuk Tubuh

Banyaknya kandungan nutrisi penting dalam blackberry menjadikannya sebagai buah yang ideal dan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Maka tidak heran buah ini menjadi salah satu superfood.

Berikut ini berbagai manfaat buah blackberry yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi satu cangkir blackberry dapat memenuhi kebutuhan serat hingga 31%, jumlah ini tentunya tidak sedikit.

Seperti yang diketahui bahwa serat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan agar saluran pencernaan dapat berfungsi dengan baik. Mengonsumsi buah ini dapat menjauhkan Anda dari masalah seperti sembelit.

2. Bagus untuk Penderita Diabetes

Salah satu pilihan buah yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes adalah blackberry. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan karbohidrat dalam buah ini cukup rendah. Selain itu, blackberry memiliki nilai indeks glikemik sebesar 25; yang merupakan angka aman untuk penderita diabetes.

Kandungan serat yang tinggi dalam buah juga bisa membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah.

3. Mengontrol Kadar Kolesterol

Buah blackberry bisa membantu mengontrol kadar kolesterol karena buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol.

Buah ini juga dapat membantu memperlambat penyerapan lemak ke dalam darah. Manfaat yang satu ini masih berkaitan dengan kandungan serat yang tinggi di dalamnya.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi buah-buahan dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, tidak semua jenis buah-buahan dapat membantu diet untuk menurunkan berat badan.

Buah blackberry bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi ketika ingin menjalani program penurunan berat badan. Selain rasanya lezat dan kaya nutrisi, buah ini juga rendah kalori dan juga kaya serat yang membuatnya bagus untuk menjaga berat badan.

5. Mencegah Osteoporosis

Khasiat ini bisa didapatkan karena adanya kandungan vitamin K yang berperan penting dalam metabolisme tulang dan mencegah pengeroposan tulang.

Blackberry juga memiliki kandungan mangan yang tinggi. Mineral yang satu ini memiliki peranan penting dalam formasi kolagen; protein penting penyusun tulang, kulit, hingga otot dan sendi.

6. Menormalkan Pembekuan Darah

Selain memberikan manfaat untuk metabolisme tulang, vitamin K juga memiliki peran yang sangat penting dalam pembekuan darah.

Tubuh kekurangan vitamin K dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mudah memar, pendarahan yang berat ketika menstruasi, hingga adanya darah dalam tinja dan urin.

Satu porsi blackberry mengandung 29 mcg vitamin K yang dapat memenuhi hampir sepertiga kebutuhan vitamin K harian.

7. Menjaga Kesehatan Mulut

Khasiat blackberry yang tidak boleh dilewatkan adalah kemampuannya dalam membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Seperti dikutip dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak blackberry memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi terhadap beberapa jenis bakteri yang dapat memicu penyakit mulut. Ekstrak buah ini dipercaya mampu membantu mengendalikan penyakit gusi dan gigi berlubang.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi dalam blackberry membuat buah satu ini dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dalam di dalamnya dapat bertindak sebagai antioksidan. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, senyawa ini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit.

Baca Juga: 12 Buah Antioksidan Tinggi yang Wajib Dikonsumsi 

9. Bagus untuk Ibu Hamil

Buah ini uga merupakan salah satu buah yang aman dan cocok dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat buah blackberry untuk ibu hamil dapat memenuhi beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh selama masa kehamilan. Biasanya, kebutuhan nutrisi ibu hamil meningkat karena dibutuhkan nutrisi untuk perkembangan janin.

10. Mengurangi Peradangan

Blackberry kaya akan kandungan polifenol yang disebut anthocyanin yang dipercaya membantu mengobati peradangan.

Gaya hidup yang tidak sehat, stres, atau penyakit berkepanjangan dapat merangsang sistem kekebalan tubuh secara berlebihan dan menyebabkan peradangan kronis. Jika tidak mendapatkan penanganan, peradangan dapat menyebabkan penyakit paru-paru, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.

11. Meningkatkan Kesehatan Otak

Menurut penelitian di  Journal of Agricultural and Food Chemistry, makan blackberry dapat meningkatkan kesehatan otak dan membantu mencegah kehilangan memori yang disebabkan oleh penuaan.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa antioksidan dalam blackberry membantu melawan radikal bebas dan mengubah cara neuron otak berkomunikasi. Hal ini dapat membantu mengurangi peradangan otak, merupakan pemicu masalah kognitif dan motorik yang sering terjadi pada penuaan.

12. Meningkatkan Fungsi Tubuh

Blackberry adalah sumber vitamin C, vitamin K, dan mangan yang sangat bagus untuk meningkatkan fungsi tubuh.

Vitamin C penting untuk kekebalan tubuh yang kuat, menyembuhkan luka, dan menyerap zat besi. Vitamin ini juga sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker.

Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang. Sedangkan mangan berfungsi untuk membuat energi, melindungi sel dari kerusakan, kekebalan tubuh, pertumbuhan tulang, reproduksi, dan pembekuan darah.

13. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah ini dapat membantu melawan radikal bebas, salah satu penyebab utama penuaan dini.

Selain itu, nutrisi yang terdapat di dalam blackberrry juga memiliki peran dalam pembentukan kolagen. Keberadaan kolagen ini sangat penting untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

Baca Juga: 20 Jenis Buah Berry yang Lezat dan Kaya Manfaat

14. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kandungan antosianin dalam blackberry juga bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan kondisi yang memengaruhi jantung dan pembuluh darah.

Penyakit kardiovaskular biasanya disebabkan oleh aterosklerosis, kondisi ketika plak menumpuk di dalam arteri. Penumpukan ini menyebabkan sejumlah penyakit, antara lain:

  • Serangan jantung.
  • Sakit dada.
  • Stroke.
  • Penyakit ginjal.
  • Penyakit arteri perifer.

15. Mencegah Kanker

Kandungan antosianin dalam buah blackberry bermanfaat memperlambat atau menghentikan kanker dalam beberapa cara.

Meskipun penelitian khasiat tersebut masih berkembang, tetapi penelitian sejauh ini menunjukkan bahwa antosianin mungkin memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Menghancurkan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker.
  • Menghambat perubahan DNA (mutasi) yang menyebabkan kanker.
  • Mencegah tumor menjadi kanker.
  • Meningkatkan efektivitas kemoterapi.

Yuk, konsumsi buah ini dan rasakan manfaatnya untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2020. Health Benefits of Blackberries. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-blackberries. (Diakses pada 13 September 2022)
  2. Anonim. 2022. The Small Yet Powerful Blackberry: Why You Should Eat Some Today. https://health.clevelandclinic.org/benefits-of-blackberries/. (Diakses pada 13 September 2022)
  3. Cervoni, Barbie. 2021. Blackberry Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/blackberry-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4109221. (Diakses pada 13 September 2022)
  4. Kandola, Aaron. 2018. What are the benefits of blackberries?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322052. (Diakses pada 13 September 2022)
  5. McDermott, Annette. 2021. Blackberries: Health Benefits and Nutrition Information. https://www.healthline.com/health/benefits-of-blackberries. (Diakses pada 13 September 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi