Terbit: 26 January 2018 | Diperbarui: 3 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat terkena demam berdarah atau DBD, tubuh penderita akan mengalami demam yang pasang-surut, nyeri otot dan sendi, muntah, mual, dan pendarahan ringan. Untuk mengatasi penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti ini, seseorang harus dirawat secara intensif, diberi obat, dan diberi jambu biji.

Manfaat Besar Jambu Biji untuk Penderita Demam Berdarah (DBD)

Mengapa harus jambu biji? Kenapa tidak buah yang lain? Karena buah memiliki cukup banyak manfaat. Berikut ulasan lengkap manfaat jambu biji untuk menyembuhkan penderita demam berdarah.

1. Mempercepat pembentukan trombosit baru
Saat mengidap demam berdarah, jumlah trombosit dari penderita akan berkurang dengan signifikan. Kalau jumlah trombosit tidak naik, tubuh akan semakin lemas dan hal buruk seperti kematian bisa saja terjadi.
Untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, dibutuhkan Vitamin C dalam jumlah banyak. Jambu biji mampu mencukupi kebutuhan Vitamin C dalam tubuh sehingga platelet atau trombosit baru bisa terbentuk.

2. Menghentikan virus dengue
Selain meningkatkan jumlah trombosit dengan cepat melalui Vitamin C, jambu biji juga bisa membunuh virus dengue yang menyebabkan demam berdarah. Buah ini mengandung senyawa kimia bernama quercetin yang bertindak sebagai antiperadangan, antioksidan, dan antihistamin.

Quercentin mampu mencegah pembentukan enzim mRNA dari virus. Kalau enzim ini menurun, virus akan jadi lemas hingga mudah dihentikan dengan konsumsi obat.

3. Mencukupi kalsium dan mineral
Jambu biji yang dikonsumsi rutin juga memberikan tambahan kalsium dan mineral lain seperti magnesium, fosfor, dan zat besi. Kalsium dan tiga mineral ini mampu meningkatkan jumlah keping darah secara cepat. Lebih lanjut, fosfor yang terkandung dalam jambu biji juga mampu memperbaiki jaringan pada pembuluh darah yang rusak.

Jambu biji bisa dikonsumsi menjadi jus, dimakan segar, atau dicampur dengan kurma untuk mereka yang memiliki penyakit maag.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi