Terbit: 7 September 2022 | Diperbarui: 8 September 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Belimbing wuluh adalah buah yang sering digunakan pada berbagai jenis makanan untuk menambah cita rasa. Selain memberi rasa yang khas pada setiap makanan, buah yang juga dikenal sebagai belimbing sayur ini memilik banyak khasiat. Apa saja manfaat belimbing wuluh yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

6 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Gizi Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh mengandung berbagai zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh, antara lain:

  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Vitamin A.
  • Vitamin C.
  • Vitamin B kompleks.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Kalsium.
  • Zat besi.

Selain itu, belimbing sayur juga mengandung antioksidan dan kandungan zat yang bersifat astringent.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Bagi sebagian besar orang, mungkin rasa belimbing wuluh tidaklah selezat rasa belimbing. Buah ini memang memiliki rasa yang sangat asam. Namun siapa sangka, buah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Berikut ini adalah berbagai manfaat belimbing wuluh, di antaranya:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Belimbing wuluh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Buah ini mengandung 15,5 miligram vitamin C atau sekitar 17,22 persen dari kebutuhan harian.

Kandungan vitamin C juga bisa membantu merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang membantu menjaga kesehatan sendi, elastisitas kulit, dan penyembuhan luka. 

Jika tubuh terserang penyakit seperti flu, batuk, demam, atau gejala infeksi, Anda dapat mengonsumsi belimbing wuluh untuk membantu pemulihan tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), terutama seseorang yang memiliki tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg. Rebuslah belimbing wuluh dengan tiga gelas air hingga airnya tersisa setengahnya.

Anda bisa mengonsumsinya pada pagi hari saat tubuh telah cukup beristirahat. Minumlah secara teratur hingga tekanan darah normal kembali.

3. Mengatasi alergi

Alergi yang dimiliki oleh setiap orang tidaklah sama; ada yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu, obat tertentu, udara atau debu.

Gangguan alergi ini dikarenakan adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh terhadap zat tertentu. Bagi Anda yang terindikasi memiliki alergi secara medis, maka konsumsilah jus buah belimbing wuluh secara teratur. Jus ini dapat meringankan kondisi alergi yang Anda miliki.

4. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan antioksidan di dalam buah ini mampu melawan dampak buruk radikal bebas.

Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga stroke.

5. Mengatasi penyakit diabetes

Buah ini bermanfaat mengontrol kadar gula darah. Bahkan, khasiat belimbing wuluh juga bisa menurunkan kadar gula darah. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsilah jus buah ini secara teratur. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi belimbing wuluh yang telah direbus.

6. Mengurangi risiko kanker

Kandungan saponin dan antioksidan flavonoid dalam buah ini dapat membantu menghambat sel kanker tumbuh. Kedua kandungan tersebut juga bisa membantu menghambat sel kanker menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Meskipun memberikan banyak manfaat untuk tubuh, penting untuk berkonsultasi dengan dokter apabila ingin mencoba buah ini sebagai pengobatan alami,. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Belimbi (Belimbi Masam/Buluh); Averrrhoa Belimbi. https://myfcd.moh.gov.my/myfcd97/index.php/site/detail_product/106016/0/10/belimbing/5/0/. (Diakses pada 7 September 2022)
  2. Elekofehinti, Olusola O et al. 2021. Saponins in Cancer Treatment: Current Progress and Future Prospects. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/35366261/. (Diakses pada 7 September 2022)
  3. Liantari, Diah S. 2014. Effect Of Wuluh Starfruit Leaf Extract For Streptococcus Mutans Growth. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/473. (Diakses pada 7 September 2022)
  4. Rozik. 2020. Benefits of Wuluh Starfruit, The Immune Booster and For Skin Glowing. https://nusadaily.com/uncategorized/benefits-of-wuluh-starfruit-the-immune-booster-and-for-skin-glowing.html. (Diakses pada 7 September 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi