Terbit: 2 November 2022
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Acai berry adalah buah berwarna biru keunguan yang secara ukuran tidak jauh berbeda dengan blueberry. Seperti buah beri pada umumnya, buah ini juga menyimpan sederet manfaat untuk kesehatan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

15 Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Acai Berry

Buah yang mirip seperti anggur ini sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional. Tentu hal tersebut tidak terlepas dari berbagai kandungan nutrisi penting yang ada di dalamnya, antara lain:

  • Asam lemak omega-3 dan omega-6.
  • Serat.
  • Karbohidrat.
  • Vitamin C.
  • Vitamin E.
  • Kalsium.
  • Fosfor.

Manfaat Buah Acai Berry bagi Kesehatan

Meski memiliki ukuran yang kecil seperti buah anggur, buah yang disebut-sebut sebagai superfood ini kaya akan kandungan nutrisi. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Darah Tinggi

Khasiat acai berry yang pertama adalah untuk meminimalisir risiko terkena penyakit darah tinggi (hipertensi). Hal ini karena buah ini mengandung asam lemak tak jenuh yakni asam lemak omega-3 dan omega-6, serta tak ketinggalan asam oleat (monounsaturated oleic acid).

Sebagaimana diketahui, omega-3 dan omega-6 adalah jenis lemak yang baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kedua nutrisi tersebut membantu tekanan darah agar tetap normal.

2. Menurunkan Kolesterol

Selain menurunkan risiko hipertensi, kandungan asam lemak omega-3, omega-6, dan asam oleat juga mampu menurunkan kadar lemak LDL atau sering juga disebut kolesterol jahat. Tingginya kadar kolesterol LDL dapat memicu timbulnya penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung.

3. Merawat Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C pada acai berry memberikan manfaat untuk kulit wajah, yakni membuat kulit agar tetap sehat dan terlihat muda. Pasalnya, vitamin C adalah agen antioksidan, yang mana antioksidan ini fungsinya untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jadi, jika ingin kulit Anda senantiasa sehat serta terhindar dari kerutan, garis-garis halus, dan flek hitam; konsumsi buah ini adalah pilihan yang tepat

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Apakah Anda sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan sebagainya? Bisa jadi ini menjadi pertanda jika tubuh kekurangan serat.

Salah satu cara mengatasi masalah pencernaan sebagaimana dimaksud adalah dengan mengonsumsi acai berry. Buah ini dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian sehingga risiko terkena gangguan pencernaan dapat diminimalisir.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi acai berry secara teratur sangat disarankan bagi Anda yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan. Khasiat ini dihasilkan oleh kandungan serat di dalamnya, sehingga menimbulkan efek kenyang yang lebih lama.

Kendati demikian, masih sedikitnya studi yang secara khusus meneliti efektivitas acai berry dalam menjaga berat badan menyebabkan klaim untuk diet belum dapat dikatakan kuat. Namun, tak ada salahnya Anda tetap mengonsumsi buah yang satu ini.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah ini dipercaya membantu meningkatkan imunitas tubuh. Hal tersebut tak lepas dari kandungan vitamin C di dalam buah acai berry.

Seperti diketahui, vitamin C adalah vitamin yang salah satu fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dalam menangkal serangan mikroorganisme yang hendak menginfeksi tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat di acai berry dipercaya membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kedua mineral tersebut juga berguna untuk mencegah Anda bebas dari penyakit tulang, salah satunya adalah osteoporosis.

Baca Juga: 20 Jenis Buah Berry yang Lezat dan Kaya Manfaat

8. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan antioksidan dari acai berry mungkin salah satu aspek yang paling berpengaruh pada kesehatan. Antioksidan dianggap membantu dalam mengurangi kemungkinan apoptosis yang tidak sehat (kematian sel) dan meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi sel.

9. Meningkatkan Energi

Kandungan karbohidrat pada acai berry menjadikan buah ini cocok sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi buah ini membantu Anda untuk tetap berenergi sepanjang hari sehingga produktivitas tetap terjaga.

10. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Makanan yang dikonsumsi dan udara yang dihirup mungkin mengandung racun berupa radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh

Salah satu alasan acai berry begitu populer digunakan dalam industri kesehatan adalah karena memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi dibandingkan dengan makanan nabati lainnya.

11. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Salah satu dari banyak manfaat acai berry adalah kemampuannya secara signifikan membantu menjaga kesehatan otak secara keseluruhan.

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa acai berry memiliki sifat pelindung terhadap sel-sel otak. Studi lain mengungkapkan bahwa senyawa dalam buah ini dapat melindungi otak dari kerusakan seiring bertambahnya usia.

12. Efek Afrodisiak

Meskipun dampak langsung dari acai berry pada stamina seksual dan gairah seks mungkin tidak sepenuhnya diketahui, buah ini dianggap memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke organ intim.

Kurangnya aliran darah adalah salah satu penyebab utama disfungsi ereksi dan kurangnya stamina seksual. Jus acai berry biasanya digunakan sebagai obat alternatif untuk membantu orang dengan kondisi ini.

Baca Juga: 15 Manfaat Blueberry bagi Kesehatan Tubuh

13. Mencegah Kanker

Antioksidan yang terkandung di dalam acai berry menjadikan buah ini juga layak untuk Anda konsumsi guna meminimalisir risiko terkena penyakit kanker.

Kanker adalah penyakit yang bermula dari rusaknya sel-sel di dalam tubuh akibat serangan radikal bebas. Maka tak heran jika buah ini diklaim bisa membantu mencegah kanker karena antioksidan yang dikandungnya berfungsi untuk menghalau serangan radikal bebas.

14. Membantu Penyembuhan Luka

Sifat antiinflamasi yang terdapat di dalam buah ini dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka. Sebuah penelitian di tahun 2017 menunjukkan bahwa luka gores sembuh lebih cepat setelah 24 jam menggunakan ekstrak acai berry. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan khasiatnya.

15. Mendorong Pertumbuhan Rambut

Buah acai berry diyakini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini karena acai berry menyimpan sejumlah nutrisi yang saling bekerja sama untuk membantu pertumbuhan rambut.

Acai berry diketahui kaya akan protein, lemak sehat (omega-3, 6, dan 9), dan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, serta vitamin E.

Itulah berbagai manfaat acai berry untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Freeman, Julie. 2022. Acai Berry Benefits, Nutrition Facts, How To Use, And Side Effects. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-acai-berry/. (Diakses pada 1 November 2022)
  2. Jennings, Kerri-Ann. 2017. 5 Impressive Health Benefits of Acai Berries. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-acai-berries. (Diakses pada 1 November 2022)
  3. Staughton, John. 2021. 13 Important Benefits Of Acai Berries. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-acai-berries.html. (Diakses pada 1 November 2022)
  4. Ware, Megan. 2018. What are the health benefits of acai berries?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/305576. (Diakses pada 1 November 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi