Terbit: 14 April 2018 | Diperbarui: 25 May 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Menurut Anda, lebih sehat makanan dalam bentuk segar, beku atau kalengan? Umumnya kita tentu menganggap bahwa makanan segar adalah makanan yang paling baik ya. Padahal dengan pemilihan yang tepat, ketiganya bisa sama-sama baiknya lo.

Mana Yang Lebih Baik, Makanan Segar, Beku atau Kalengan?

Poin yang membedakan ketiga jenis bahan makanan di atas tentu saja masa simpannya.

Makanan tersebut melewati proses berbeda-beda yang bertujuan untuk memperpanjang masa simpan bahan makanan. Seperti yang kita ketahui, makanan kalengan tentu memiliki masa simpan paling lama diantara lainnya.

Ketiganya sama baiknya

Taylor Wolfram, dietitian dari Eatright.org menyebutkan bahwa asupan makanan, utamanya buah dan sayur, dalam bentuk apapun tetap baik untuk mendukung kebiasaan makan buah dan sayur.

Buah dan sayur dianjurkan untuk dikonsumsi, apapun bentuk pengolahannya, karena akan mendukung pemenuhan kebutuhan buah dan sayur harian. Selain itu, beberapa buah buah dan sayur hanya lazim kita temui pada beberapa musim saja.

Maka dari itu buah dan sayur, baik dalam bentuk segar, beku atau kalengan menjadi sama baiknya asalkan kita memanfaatkannya sebagai variasi asupan makanan dengan frekuensi dan jumlah yang tepat.

Tips memilih makanan segar, beku dan kalengan

Untuk itu, Wolfram memberikan beberapa tips agar kita bisa memperoleh kualitas terbaik dari masing-masing jenis bentuk bahan makanan tersebut, yaitu:

  • Makanan kalengan
    – Pilih makanan kalengan yang rendah penggunaan sodium.
    – Utamakan memilih makanan kalengan yang menggunakan cairan jus buah asli, tanpa pemanis, sebagai cairan dalam kalengnya.
  • Makanan beku
    – Pilih makanan beku yang masih tanpa rasa atau plain.
    – Hindari makanan beku yang tinggi sodium atau yang sudah memiliki tambahan rasa tinggi sodium.
  • Makanan segar
    – Pilih makanan yang masih baik fisiknya, hindari memilih bahan makanan yang rusak atau busuk sebagian.

Dengan pemilihan yang tepat maka asupan makanan, utamanya buah dan sayur, dalam bentuk apapun tentu akan semakin baik untuk tubuh.

Nah, Anda makan buah dan sayur segar, beku atau kalengan dalam hari ini?


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi