Terbit: 30 November 2022
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Vitamin E memegang peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain melalui suplemen, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E untuk mendapatkan manfaatnya. Apa saja jenis makanan yang dimaksud? Simak daftarnya dalam ulasan berikut!

12 Makanan yang Mengandung Vitamin E, dari Buah hingga Sayur

Makanan dengan Kandungan Vitamin E

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak. Peran utamanya yaitu sebagai antioksidan.

Berkat adanya vitamin ini dalam tubuh, penumpukan radikal bebas yang berpotensi memicu kerusakan sel bisa dicegah. Radikal bebas merupakan pemicu berbagai penyakit kronis, seperti kanker, serangan jantung, dan stroke.

Selain itu, manfaat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E juga berkaitan dengan peningkatan kekebalan tubuh, kesehatan pembuluh darah, dan kesehatan kulit.

Apa saja sumber vitamin E dari makanan tersebut? Berikut ini adalah daftarnya:

1. Alpukat

Buah yang kerap dijadikan jus ini kaya akan kandungan vitamin E. Sebanyak 100 gram alpukat mengandung sebesar 2.07 mg vitamin E.

Hal tersebut menjadikan alpukat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang dan kulit.

Alpukat juga diperkaya oleh zat antiinflamasi pitosterol (beta sitosterol, stigmasterol), dan zat antioksidan karotenoid. Kandungan asam lemak omega-3 pada alpukat juga menjadikan buah ini baik untuk jantung.

Selain itu, potasium di dalamnya bahkan lebih banyak dari pisang. Kandungan ini dibutuhkan tubuh untuk mendukung seluruh kerja sel, seperti mengatur detak jantung dan memastikan fungsi otot dan saraf bekerja secara optimal.

2. Bayam

Makanan yang mengandung vitamin E berikutnya adalah bayam. Sayuran ini mengandung sekitar 2.03 mg vitamin E dalam setiap 100 gramnya.

Selain vitamin E, bayam juga mengandung zat antioksidan berupa flavonoid dan karotenoid yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh.

Baca Juga: 10 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin B1

3. Kacang Almond

Jenis kacang yang sering dijadikan komposisi tambahan pada cokelat maupun kue ini ternyata juga menyimpan manfaat vitamin E. Ya, sebanyak 100 gram kacang almond mengandung sekitar 25.63 mg vitamin E.

Selain vitamin E, kacang almond juga mengandung serat, protein, potasium, dan magnesium. Seluruh kandungan ini tentunya memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh.

4. Biji Bunga Matahari

Makanan yang mengandung vitamin E lainnya adalah biji bunga matahari. Makanan yang biasa disebut kuaci ini bahkan memiliki sekitar 35.17 mg vitamin E dalam 100 gram.

Selain itu, biji bunga matahari mengandung berbagai nutrisi lain yang memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti serat yang akan membantu melancarkan sistem pencernaan Anda.

5. Ikan Trout

Sebanyak satu porsi ikan trout atau setara dengan 100 gram mengandung sebanyak 2.15 mg vitamin E. Dalam porsi yang sama, ikan ini mengandung sebanyak 21.11 gram protein.

Makanan ini juga tinggi akan asam lemak omega-3. Asam lemak ini memegang peran penting bagi kesehatan, termasuk di antaranya menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6. Minyak Tertentu

Meskipun nutrisi yang terkandung di dalam beberapa minyak sangat sedikit, kandungan vitamin E di dalamnya tidak boleh disepelekan.

Berikut ini adalah beberapa jenis minyak yang mengandung vitamin E:

  • Minyak biji anggur: 3.92 mg.
  • Minyak biji gandum: 20.32 mg.
  • Minyak safflower: 4.64 mg.
  • Minyak dedak padi (rice bran oil): 4.39 mg.
  • Minyak canola: 2.5 mg.

7. Kacang-kacangan

Selain kacang almond, kacang-kacangan juga merupakan makanan yang mengandung vitamin E. Pada setiap 100 gram kacang-kacangan kering, terkandung sekitar 4.93 mg vitamin E.

Namun penting diingat, konsumsilah kacang-kacangan yang bebas dari tambahan garam atau perasa. Sebaiknya, pilihlah kacang yang dipanggang hingga kering.

8. Bit

Meski yang dikenal masyarakat hanya buahnya, daun bit juga bisa dimakan. Bahkan, sayuran ini memiliki kandungan vitamin E sebanyak 1.81 mg dalam satu porsinya (100 gram).

Anda bisa mengonsumsi sayuran bit dengan menjadikannya salad atau juga menumisnya.

9. Mangga

Mangga menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin E. Sebanyak 100 gram buah ini memiliki vitamin E sebanyak 0.9 mg atau setara dengan 6 persen kebutuhan harian tubuh.

Selain vitamin E, buah yang satu ini juga kaya akan vitamin A dan C, potasium, dan serat.

Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, menjadikannya salad, ataupun mengolahnya terlebih dahulu menjadi smoothies yang lezat. 

10. Kiwi

Buah yang memiliki rasa asam ini identik dengan kandungan vitamin C. Kendati begitu, Anda juga masih bisa mendapatkan manfaat vitamin E dengan mengonsumsi kiwi, lho.

Ya, sebuah kiwi menyimpan sekitar 1 mg vitamin E yang bermanfat untuk menjaga kulit tetap awet muda, juga meningkatkan sistem imun tubuh.

Tak hanya vitamin C dan E, kiwi juga diperkaya dengan sejumlah zat bergizi lainnya seperti kalium, magnesium, dan kalsium.

Baca JugaPria Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Vitamin E untuk Penis

11. Brokoli

Brokoli wajib ada di antara daftar menu sehat Anda. Jenis sayuran satu ini mengandung banyak sekali vitamin dan zat bergizi, tak terkecuali vitamin E.

Kandungan vitamin E pada brokoli sanggup mencukupi 15 persen dari total kebutuhan vitamin E harian.

Manfaat brokoli bagi kesehatan mencakup detoksifikasi dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung.

12. Tomat

Tomat adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin E. Kandungan ini bermanfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga kesehatan kulit hingga mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.

Selain itu, tomat juga dinilai efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Tomat juga berperan sebagai fitonutrisi dan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas.

Nah, itulah sederet makanan yang mengandung vitamin E. Jangan lupa kombinasikan jenis makanan di atas dengan makanan sehat lainnya agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2019. The Importance of Potassium. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/the-importance-of-potassium. (Diakses pada 30 November 2022).
  2. Anonim. Vitamin E. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-e/. (Diakses pada 30 November 2022).
  3. Arnarson, Atli. 2017. 20 Foods That Are High in Vitamin E. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-vitamin-e. (Diakses pada 30 November 2022).
  4. Griffin, R. Morgan. 2021. The Facts on Omega-3 Fatty Acids. https://www.webmd.com/healthy-aging/omega-3-fatty-acids-fact-sheet. (Diakses pada 30 November 2022).
  5. Huizen, Jennifer. 2019. 10 Foods Rich in Vitamin E. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324308. (Diakses pada 30 November 2022).
  6. Lehman, Shereen. 2020. 10 Healthy Foods That Are High in Vitamin E. https://www.verywellfit.com/foods-high-in-vitamin-e-2505912. (Diakses pada 30 November 2022).

DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi