Terbit: 5 July 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Vitamin B atau pyridoxine adalah salah satu dari delapan vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaatnya cukup penting, salah satunya menjaga sistem imun tubuh tetap kuat. Ketahui daftar makanan yang mengandung vitamin B6 dalam ulasan berikut!

Catat, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B6

Manfaat Vitamin B6 untuk Tubuh

Vitamin B6 adalah vitamin larut dalam air yang memegang peran penting untuk menjalankan sejumlah fungsi tubuh.

Adapun sejumlah manfaat vitamin ini untuk tubuh, antara lain:

  • Meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Mengurangi gejala morning sickness pada ibu hamil.
  • Meredakan gejala premenstrual syndrome, seperti kecemasan dan depresi.
  • Meningkatkan fungsi otak sekaligus mengurangi risiko penyakit Alzheimer.
  • Menurunkan risiko kanker.
  • Meningkatkan produksi hemoglobin sehingga kemungkinan dapat mencegah dan mengatasi anemia.
  • Mencegah tersumbatnya arteri dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Meningkatkan suasana hati dan mengurangi risiko depresi.
  • Menjaga kesehatan mata sekaligus mencegah gangguan pada indra penglihatan ini.
  • Membantu mengatasi peradangan yang berhubungan dengan rheumatoid arthritis.

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B6

Konsumsi makanan dengan kadar vitamin B6 yang tinggi dapat membantu sejumlah fungsi tubuh berjalan optimal. Selain itu, memenuhi kebutuhan vitamin ini juga dapat membantu mencegah sekaligus mengobati berbagai penyakit.

Oleh karena itu, tambahkan daftar makanan yang mengandung vitamin B6 berikut ke dalam menu makanan sehari-hari:

1. Telur

Selain mudah diolah menjadi sejumlah masakan, telur ternyata termasuk makanan yang mengandung vitamin B6. Dua butir telur menyediakan sebesar 10 persen kebutuhan harian vitamin ini, terlepas dari cara Anda mengolahnya.

Jadi, tunggu apa lagi, sajikan telur dalam menu harian Anda, baik itu sebagai sarapan, makan siang, atau makan malam.

Baca JugaSejumlah Manfaat Vitamin B1 untuk Ibu Hamil

2. Daging

Makanan yang satu ini mungkin dianggap tinggi lemak. Namun, nyatanya daging kaya akan protein dan sejumlah nutrisi penting lainnya bagi tubuh, termasuk vitamin B6.

Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan daging sapi ke dalam menu makanan harian. Agar manfaat vitamin B6 untuk kesehatan Anda peroleh secara optimal, pilihlah daging yang rendah lemak.

3. Hati Ayam

Hati ayam mungkin tidak sepopuler dulu. Namun jangan salah, makanan ini menjadi sumber nutrisi yang baik, seperti folat, protein, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin B12.

Selain rasanya yang lezat, hati ayam bisa dengan mudah Anda olah. Tentu saja, makanan ini juga memiliki harga yang terjangkau.

4. Wortel

Wortel berukuran sedang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin B6 harian. Jumlah ini setara dengan segelas susu.

Vitamin B6 dalam sayuran ini dapat membantu membentuk selubung protein di sekitar sel saraf. Selubung ini dikenal sebagai myelin.

Menariknya lagi, sayuran berwarna oranye ini kaya akan serat dan tinggi akan kandungan vitamin A.

Serat memiliki khasiat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, sedangkan vitamin A terkenal akan manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata.

Anda dapat mengolah wortel menjadi jus atau smoothie, menambahkan ke dalam salad, atau mengonsumsinya secara langsung.

5. Bayam

Selain wortel, bayam menjadi sayuran yang sebaiknya Anda rajin konsumsi. Pasalnya, bayam adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin B6.

Berkat kandungannya ini, bayam dapat membantu membentuk antibodi sehingga mencegah tubuh dari infeksi dan penyakit.

Selain itu, sayuran berwarna hijau ini juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan zat besi.

6. Tuna

Tuna menjadi salah satu ikan yang mengandung tinggi vitamin B-6. Tingginya kadar vitamin ini dalam ikan tuna dapat membantu meningkatkan produksi hemoglobin.

Hemoglobin sendiri merupakan protein yang bertugas mengikat oksigen dan dibawa di dalam darah ke seluruh tubuh

Baca Juga13 Sumber Vitamin B3 Alami untuk Tubuh yang Sehat

7. Buncis

Kacang-kacangan menjadi salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin B6 dalam jumlah tinggi. Salah satu jenis kacang yang mengandung nutrisi ini yaitu buncis.

Ada banyak cara untuk mengolah sayuran yang satu ini, termasuk menambahkannya ke dalam salad.

8. Salmon

Sudah menjadi rahasia umum jika ikan yang satu ini menjadi sumber nutrisi baik untuk tubuh sekaligus sumber protein rendah lemak.

Tidak cukup sampai di situ, ikan ini juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin B6 tertinggi dalam makanan.

Penting untuk Anda ketahui vitamin B6 berperan dalam kelenjar adrenal. Kelenjar ini akan menghasilkan hormon penting, termasuk adrenalin, aldosteron, dan kortisol.

Hormon-hormon tersebut akan membantu mengatur tekanan darah dan mengontrol gula darah dalam tubuh.

Jadi, pastikan Anda menambahkan salmon ke dalam menu sehari-hari, ya!

9. Ubi

Ubi yang berukuran sedang menyediakan sebanyak 15 persen kebutuhan vitamin B6 harian. Tak hanya itu, makanan ini juga kaya akan serat, magnesium, dan vitamin A.

Vitamin B6 dalam ubi akan membantu mengontrol glikogen dalam tubuh. Glikogen sendiri adalah energi yang tersimpan di hati dan otot.

Coba tambahkan makanan yang mengandung vitamin B6 ini ke dalam menu diet harian Anda selama dua kali dalam seminggu.

10. Kacang Hijau

Selain kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin C, kacang hijau juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung vitamin B6.

Anda bisa mengolah sayuran ini dengan berbagai variasi. Jadi, pastikan untuk menambahkan kacang hijau ke dalam menu harian Anda.

11. Pisang

Selain sayuran, buah-buahan juga dapat menjadi makanan yang mengandung vitamin B6. Salah satu jenis buah yang menyimpan nutrisi ini yaitu pisang.

Vitamin B6 dalam buah ini dapat membantu memproduksi serotonin dan norepinefrin, bahan kimia yang baik untuk menunjang fungsi saraf dan transmisi sinyal dalam otak.

Selain konsumsi secara langsung, Anda juga bisa menjadikan pisang matang sebagai camilan beku.

12. Alpukat

Buah ini menjadi salah satu sumber vitamin B6 yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Alpukat tinggi akan vitamin B6 dan vitamin C. Selain itu, buah dengan biji yang besar ini mengandung serat dan lemak sehat.

Anda bisa menambahkan alpukat ke dalam salad. Pastikan untuk memilih buah yang sudah matang, ya.

13. Sereal atau Oatmeal

Bosan dengan sarapan yang itu-itu saja? Cobalah sarapan dengan sereal atau oatmeal. Makanan ini mengandung banyak nutrisi penting yang bisa mendukung fungsi tubuh.

Selain itu, menu sarapan ini adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin B6. Jadi, selingi sarapan bernutrisi sehat lain dengan konsumsi sereal atau oatmeal.

Baca Juga13 Makanan yang Mengandung Biotin (Vitamin B7)

Selain beberapa makanan di atas, Anda juga bisa memadukannya dengan minuman yang mengandung vitamin B6 yaitu susu.

Susu sapi atau susu kambing menyediakan sebanyak 5 persen kebutuhan vitamin B6 dari total kebutuhan harian.

Selain itu, perhatikan pula batasan harian konsumsi vitamin ini. Melansir WebMD, jumlah vitamin B6 yang direkomendasikan untuk dewasa di bawah 50 adalah sebesar 1.3 miligram.

Pria di atas 50 tahun sebanyak 1.7 miligram, sedangkan wanita di atas usia ini sebaiknya mencukupi kebutuhan vitamin B6 sebesar 1.5 miligram.

Sementara itu, bagi wanita hamil, kebutuhan vitamin B6 harian adalah sebanyak 1.9 miligram.

Penuhi kebutuhan vitamin B6 harian Anda untuk mendukung tubuh bekerja secara optimal. Jangan lupa kombinasikan juga asupan nutrisi ini dengan makanan sehat lainnya.

 

  1. Streit, Lizzie. 2018. 9 Health Benefits of Vitamin B6 (Pyridoxine). https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b6-benefits. (Diakses pada 5 Juli 2022).
  2. WebMD Editorial Contributors. 2020. Health Benefits of Vitamin B6. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-vitamin-b6. (Diakses pada 5 Juli 2022).
  3. Whelan, Corey. 2017. 15 Vitamin B-6 Rich Foods. https://www.healthline.com/health/vitamin-b6-foods. (Diakses pada 5 Juli 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi