Terbit: 23 Mei 2018 | Diperbarui: 25 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Membentuk otot bukanlah hal yang mudah, diperlukan komitmen dan usaha yang gigih serta rutin. Sebab, di dalam tubuh seseorang, terdapat begitu banyak jaringan dan otot yang saling bertumpu. Untuk memecahnya menjadi otot yang kekar, Anda harus melakukan serangkaian metode, mulai dari latihan kebugaran sampai latihan angkat beban.

Terbukti, 3 Makanan ini Bisa Membuat Otot Cepat Terbentuk!

Memang terkesan cukup rumit, tapi begitulah prosesnya. Tidak ada cara instan untuk mendapatkan otot yang kekar. Bahkan, ada beberapa orang gagal membentuk ototnya padalah sudah melakukan olahraga secara rutin. Mengapa bisa gagal? Banyak faktor, misalnya dari salah teknik latihan, tidak menjaga pola makan, tidak menjaga pola tidur, dan masih banyak faktor lainnya.

Nah, untuk Anda yang baru saja mengikuti latihan keburagan, Anda tak perlu patah semangat terlebih dahulu. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa mempercepat pembentukan otot pada tubuh. Apa saja makanan tersebut? Berikut diantaranya:

1. Daging

Daging adalah makanan yang memiliki rasa lezat. Tapi, di balik kelezatannya tersebut, ternyata daging juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin B, asam amino esensial, creatine, protein, dan lemak tak jenuh. Nah, seluruh kandungan pada daging tersebut terbukti bisa mendukung proses pembentukan otot ketika latihan kebugaran.

2. Telur

Untuk makanan yang satu ini memang sudah terkenal bagi pelaku fitnes. Ya, telur merupakan makanan inti yang harus dikonsumsi oleh Anda yang sedang mengikuti latihan kebugaran dan angkat beban. Telur adalah makanan yang kaya akan protein. Lantas, protein itu sendiri yang nantinya digunakan dalam pembangunan dan pembentukan otot pada tubuh.

3. Salmon

Ikan yang satu ini memang sangat banyak manfaatnya. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, salmon juga bisa digunakan untuk proses pembentukan otot. Hal tersebut diakarenakan salmon memiliki kandungan protein berkualitas tinggi. Selain bisa membantu dalam pembentukan otot, salmon juga baik untuk menguatkan sel pada jaringan otot sehingga meminimalkan risiko cedera saat latihan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi