Terbit: 19 September 2018 | Diperbarui: 25 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Sarapan pagi adalah waktu makan yang paling penting bagi kesehatan tubuh karena bisa menentukan kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan mengonsumsi sarapan yang bergizi, maka kita bisa mendapatkan sumber energi sekaligus nutrisi yang bisa membantu berbagai fungsi dan sistem yang ada di dalam tubuh. Sayangnya, terkadang kita melakukan kesalahan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang justru tidak sehat saat sarapan.

Sering Dikonsumsi, Makanan Ini Tidak Sehat Untuk Sarapan

Salah satu masakan yang sering kita konsumsi saat sarapan adalah makanan bersantan. Meskipun memliki rasa yang enak dan gurih, makanan bersantan seperti opor atau beberapa jenis sayur ini kaya akan kandungan lemak jenuh low density lipoprotein atau LDL. Jika kita sering mengonsumsi makanan bersantan, maka akan terjadi peningkatan kadar kolesterol dalam darah yang bisa saja memicu penumpukan plak pada pembuluh darah. Hal ini bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Selain makanan bersantan, banyak orang yang langsung makan gorengan di pagi hari. Biasanya, hal ini disebabkan oleh sudah tidak ada lagi waktu untuk memasak makanan di pagi hari sehingga memilih untuk membeli gorengan di warung-warung atau penjual di pinggir jalan. Meskipun memiliki rasa yang enak dan berharga murah, gorengan kaya akan kandungan lemak jahat dan kolesterol, apalagi jika penjual goreng menggunakan minyak yang sama hingga berulang-ulang kali dan sampai menghitam. Gorengan juga kaya akan radikal bebas yang tentu bisa merusak sel-sel tubuh dan akhirnya meningkatkan risiko terkena kanker.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak melupakan sayur saat sarapan pagi agar bisa mendapatkan asupan serat yang menyehatkan. Jika kita tidak sempat memasak, roti gandum yang diberi sumber protein berupa selai kacang atau telur rebus juga bisa menjadi pilihan yang sehat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi