Terbit: 2 Juni 2018 | Diperbarui: 25 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat sedang menjalankan puasa, tubuh akan cenderung lemas sejak siang hari. Asupan makanan yang disantap saat sahur kadang hanya bisa bertahan setengah hari saja sementara menjelang sore, kita akan kehabisan energi.

5 Makanan yang Memberikan Energi Instan Saat Berbuka Puasa

Saat tubuh kehabisan energi, beberapa gangguan kesehatan kerap terjadi dan muncul berkali-kali. Anda akan sering merasakan pusing, sakit perut, hingga yang paling parah adalah gangguan keseimbangan karena vertigo.

Semua gangguan yang disebutkan sebelumnya bisa diatasi dengan mudah asal Anda mengonsumsi makanan yang memberikan energi dengan instan. Maksud energi instan adalah Anda tidak perlu menunggu proses pencernaan yang lama agar tubuh kembali segar.

Nah, dari beberapa makanan yang ada di luaran sana, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dan memberi doping cepat pada tubuh.

Makanan yang memberikan energi instan

Ada lima jenis makanan dan bahan makanan yang bisa Anda persiapkan untuk menu berbuka puasa sehat, berikut selengkapnya.

  1. Buah yang manis

Saat berbuka puasa, Anda memang disarankan untuk mengonsumsi buah yang manis dan bisa mengganjal perut untuk sementara waktu. Nah, salah satu buah yang cukup bisa diandalkan adalah kurma. Anda bisa mengonsumsi 3-5 butir saat berbuka.

Selain kurma yang banyak mengandung gula, Anda juga bisa menyantap buah manis lain seperti pepaya yang kaya kandungan serat dan vitamin A serta semangka yang juga mengandung senyawa antioksidan.

Oh ya, buah ini disarankan untuk dimakan dulu agar Anda tidak kalap saat makan. Biasanya kita sering makan tidak terkontrol karena tubuh sudah sangat lapar dan tidak dijinakkan dulu dengan sesuatu yang manis.

  1. Karbohidrat kompleks

Anda bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah. Makanan ini akan memberikan rasa kenyang lebih lama dan instan meski dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Anda bisa menyantap nasi merah, roti gandum utuh, dan oat. Dengan makanan ini tubuh bisa lebih bertenaga dengan instan.

  1. Protein hewani

Kalau Anda ingin mendapatkan asupan energi instan yang dibarengi dengan rasa kenyang, konsumsi banyak protein hewani. Anda bisa mengoleh telur, daging ayam, atau daging merah yang banyak kandungan zat besinya.

Menu makanan ini juga baik sekali untuk Anda yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat. Aneka protein yang beberapa di antaranya mengandung lemak memberikan rasa kenyang lebih lama.

  1. Susu whey

Anda yang sedang menjalani program pembentukan badan, susu whey sangat disarankan. Susu ini memiliki kadar protein yang banyak dan bisa segera terserap oleh tubuh karena bentuknya cairan sehingga pencernaan tidak akan berjalan dengan lama.

  1. Minuman manis

Minuman manis yang mengandung gula atau berasal dari jus buah bisa memberikan energi yang instan. Namun, perhatikan jumlah gulanya, ya. Jangan sampai Anda kebanyakan gula dan memicu obesitas dan diabetes.

Penyebab tubuh terlalu lemas saat puasa

Anda jadi kerap lapar mata karena tubuh terlalu lemas dan lapar. Untuk mencegah hal itu perhatikan penyebabnya di bawah ini.

  • Melakukan aktivitas terlalu berat dan menguras tenaga. Hindari melakukan olahraga terlalu berat karena energi akan terkuras habis.
  • Dehidrasi yang akut karena saat sahur tidak minum air putih minimal 3 gelas.
  • Sering terpapar sinar matahari yang sangat terik.
  • Terlalu banyak asupan kopi saat berbuka puasa dan sahur.
  • Sudah tidur setiap malam.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kita semua sehingga puasa yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi