Terbit: 25 September 2018 | Diperbarui: 27 May 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Penderita masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi memang tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan. Hanya saja, ada satu jenis makanan yang justru sangat direkomendasikan bagi mereka. Makanan ini adalah yang digemari sebagian besar masyarakat Indonesia, yakni makanan pedas. Menurut pakar kesehatan, makanan pedas ternyata bisa memberikan manfaat bagi penderita hipertensi.

Makanan Pedas Bisa Turunkan Hipertensi?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Third Military Medical University, Tiongkok pada 2010 lalu, dihasilkan fakta bahwa rajin mengonsumsi makanan pedas bisa menurunkan tekanan darah.

“Hipertensi menyerang sekitar 20 persen masyarakat di Tiongkok bagian utara dan timur. Sementara itu, sekitar 10 hingga 14 persen masyarakat di Tiongkok bagian selatan dan barat juga mengalami masalah kesehatan ini. Yang menarik adalah, masyarakat Tiongkok bagian selatan dan barat cenderung lebih suka mengonsumsi makanan yang pedas dan panas. Bisa jadi kebiasaan ini berpengaruh pada prevalensi hipertensi yang lebih rendah,” ucap Prof. Zhiming Zhu yng memimpin penelitian ini.

Menurut Prof. Zhu, saat kita mengonsumsi makanan pedas, maka kita juga menelan senyawa aktif di dalam cabai bernama capsaicin. Tak hanya membuat lidah kita merasakan sensasi pedas dan panas, capsaicin ternyata bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks. Kondisi ini bisa membuat tekanan darah penderita hipertensi menurun dengan signifikan.

Sebenarnya, capsaicin di dalam cabai ini tergolong dalam bahan kimia alami yang berfungsi sebagai sistem pertahanan cabai. Dengan adanya rasa yang pedas, maka hewan pemangsa tidak akan mudah tergoda kembali untuk memakan cabai.

Yang menarik adalah, capsaicin juga bisa membuat saluran reseptor pada lapisan pembuluh darah menjadi aktif. Kondisi ini akan membuat produksi oksida nitrat meningkat yang bisa memberikan manfaat berupa perlindungan yang lebih baik dari peradangan dan gangguan lain pada pembuluh darah dan jantung.

Memang, penelitian ini masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk mengetahui seberapa banyak porsi cabai yang perlu dikonsumsi setiap hari demi memberikan manfaat menurunkan tekanan darah atau manfaat kesehatan lainnya. Hanya saja, tidak ada salahnya untuk rajin-rajin mengonsumsi makanan pedas setiap hari demi kesehatan tubuh.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi