Terbit: 29 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Belakangan ini trend makanan dengan rasa yang super pedas masih digemari oleh banyak orang. Makanan-makanan ini dianggap cocok dan menantang bagi sebagian masyarakat Indonesia yang memang dikenal luas sebagai pencinta rasa pedas. Yang menjadi masalah adalah, ada anggapan yang menyebutkan bahwa kebiasaan makan pedas bisa membahayakan saluran pencernaan, khususnya dalam hal menyebabkan usus bolong. Sebenarnya, apakah hal ini memang bisa terjadi?

Makanan Super Pedas Bisa Bikin Usus Bolong?

Beberapa saat lalu, seorang pria dari Amerika Serikat yang mengikuti perlombaan makan cabai pedas bhut jolokia harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka parah di kerongkongan. Pria yang diketahui berusia 47 tahun ini langsung mengalami gejala muntah-muntah, nyeri perut, dan nyeri dada parah setelah mengonsumsi cabai super pedas ini. Sesampainya di rumah sakit, dokter kemudian mendiagnosis pria ini terkena rupture esophagus, kondisi dimana kerongkongannya mengalami luka atau berlubang dengan ukuran 2,5 cm.

Pakar kesehatan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH menyebut cabai yang kita konsumsi memiliki sensasi pedas dan panas akibat adanya kandungan capsaicin di dalamnya. Jika sampai kita mengonsumsi capsaicin dalam dosis yang tinggi, maka akan ada risiko munculnya luka pada lambung. Hanya saja, untuk kasus munculnya luka pada bagian saluran pencernaan seperti usus atau kerongkongan, dr. Ari belum mampu memastikan apakah hal ini disebabkan oleh makanan pedas atau tidak. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh kombinasi hal lainnya.

Satu hal yang pasti, dr. Ari menyebut kebiasaan mengonsumsi makanan super pedas bisa menyebabkan datangnya diare yang sangat menyiksa karena membuat kita harus bolak-balik ke toilet demi buang air besar, menyebabkan dehidrasi, tubuh lemas, dan sensasi tidak nyaman sehingga sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

“Berdasarkan pengalaman saya, belum ada pasien yang mengalami masalah tukak lambung atau kebocoran saluran cerna akibat cabai,” ungkap dr, Ari.

Meskipun belum tentu bisa menyebabkan usus bolong, ada baiknya memang kita tidak menyepelekan makanan super pedas demi mencegah datangnya diare atau gangguan pencernaan lainnya.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi