Terbit: 25 Agustus 2018 | Diperbarui: 27 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Setiap orang memang memiliki kekuatan atau kelancaran sistem pencernaan yang berbeda-beda. Karena alasan inilah terkadang ada orang yang bisa dengan mudah buang air besar setiap hari, namun ada pula orang yang baru bisa buang air besar setiap beberapa hari. Kinerja sistem pencernaan juga dipengaruhi oleh apa yang kita konsumsi setiap hari. Sayangnya, kini kita cenderung menyepelekan pola makan yang sehat sehingga lebih mudah terkena gangguan pencernaan.

Sering Kita Konsumsi, Makanan Ini Paling Sulit Dicerna Perut

Beberapa jenis makanan ternyata bisa mempengaruhi kinerja saluran pencernaan dan sistem metabolisme tubuh baik secara langsung maupun tidak langsung. Yang menjadi masalah adalah, jika sampai kedua hal ini terpengaruh, maka kesehatan tubuh juga bisa terkena dampaknya.

Salah satu makanan yang paling sulit untuk dicerna oleh tubuh adalah mie instan. Karena alasan inilah kita akan langsung mengalami sensasi perut kembung atau kurang nyaman setelah mengonsumsinya. Bahkan, sebagian orang mengaku akan mengalami sensasi kenaikan kadar asam lambung. Hal ini disebabkan oleh sistem pencernaan yang kesulitan dan bekerja keras untuk mencernanya. Karena alasan ini pulalah mie instan termasuk dalam makanan yang sebaiknya tidak sering kita konsumsi meskipun rasanya memang dikenal luas sangat nikmat.

Jenis makanan lain yang sangat tidak disarankan untuk sering dikonsumsi karena sulit untuk dicerna adalah makanan yang digoreng dengan kering. Sebagaimana kita ketahui, makanan yang digoreng kaya akan kandungan lemak cenderung sulit untuk dicerna, apalagi jika kondisinya juga cenderung kering. Kita pun akan lebih rentan untuk terkena gangguan pencernaan setelah mengonsumsinya.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang, khususnya dengan selalu mengonsumsi sayur dan buah setiap hari demi membantu proses pencernaan berjalan dengan lancar dan tidak mudah terkena gangguan kesehatan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi