Terbit: 24 Agustus 2018 | Diperbarui: 27 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Agar tidak mudah mengalami masalah pencernaan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan yang bisa membersihkan usus. Proses pembersihan usus yang dimaksud adalah membersihkan usus besar dari kotoran yang bisa saja masih menempel pada dinding usus dan bisa saja memiliki kandungan racun yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Makanan Ini Bisa Membersihkan Usus

Beruntung, makanan yang bisa membersihkan usus tidaklah sulit untuk dikonsumsi. Sebagai contoh, makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayuran bisa membantu proses pembersihan usus dengan efektif. Tak hanya itu, serat juga bisa berfungsi sebagai pencahar alami.

Beberapa jenis makanan kaya serat yang sangat disarankan untuk dikonsumsi demi membersihkan usus adalah sereal gandum yang memiliki kandungan 11,3 gram serat tidak larut untuk setiap setengah cangkirnya. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi kacang merah, biji rami, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Bahan makanan lain yang bisa membantu proses pembersihan usus adalah produk probiotik seperti yoghurt, kimchi, dan miso. Sebagai informasi, probiotik terdiri dari bakteri baik yang bisa membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat sekaligus membuat proses buang air besar menjadi lebih lancar.

Yang tidak banyak orang sangka adalah, air putih ternyata juga bisa membantu proses pembersihan usus. Pakar kesehatan telah berkali-kali menyebutkan bahwa meskipun beberapa minuman seperti teh, kopi, atau jus dianggap bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, air putih tetaplah cairan terbaik untuk kita konsumsi. Pastikan untuk mengonsumsinya hingga 8-9 gelas setiap hari demi mencegah dehidrasi dan membuat saluran pencernaan tetap sehat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi