Terbit: 9 Maret 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Makanan India terkenal dengan menu yang beragam, mulai dari menu nabati hingga makanan dengan rasa manis atau pedas. Simak penjelasan mengenai makanan khas India yang sehat dan enak, selengkapnya di bawah ini

8 Makanan India yang Bisa Anda Coba, Enak dan Sehat

Berbagai Makanan Khas India yang Enak dan Sehat

Bahan dan gaya memasak masakan India sangat tergantung pada tradisi, agama, musim, dan wilayah pembuatannya. Menu-menunya yang beragam juga sangat terpengaruh dari masakan Persia, Yunani kuno dan wilayah Timur Tengah.

Selain kaya rempah-rempah dan aroma, bahan makanan yang menyusunnya juga termasuk makanan yang sehat. Berikut adalah menu makanan khas India yang sehat dan lezat, di antaranya:

1. Chilla

Chilla adalah sejenis pancake dengan bumbu dan rempah-rempah dan yoghurt. Bisa dimakan dengan timun dan tomat, tetapi tanpa keduanya pun chilla tetap enak.

Menu sarapan ini berbahan utama tepung kacang hijau yang kaya protein, vitamin B, serta antioksidan. Ditambah dengan yoghurt yang baik untuk pencernaan, chilla cocok menjadi menu sarapan yang sehat.

2. Poha

Poha adalah menu sarapan yang populer di India. Terbuat dari beras dengan bawang merah dan rempah-rempah. Makanan ini biasanya diberi topping kacang tanah dan kacang polong untuk memberikan tekstur renyah. Makanan ini kaya akan protein, karbohidrat, kalsium dan serat yang membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Chole masala

Chole masala adalah makanan India yang terbuat dari kacang kapri dicampur saus tomat pedas. Biasanya disajikan dengan roti khas India yang tipis, bhatura (roti kopong yang digoreng, seperti bolang-baling), atau naan (roti tradisional India yang dipanggang dalam oven).

Masala sendiri berarti campuran bumbu, yaitu bubuk bawang putih, cabai kering, kunyit, biji ketumbar, dan biji merica yang dilembutkan. Makanan ini memiliki rasa yang pedas dan gurih. 

Dari kandungan gizinya, chole masala kaya akan protein dari kacang kapri, karbohidrat dari roti, vitamin C, antioksidan serta sejumlah mineral dari rempah-rempah yang digunakan. Menu ini  dapat disantap oleh Anda yang menerapkan gaya hidup vegetarian.

Baca Juga: 13 Makanan Khas Italia Selain Pizza, Sehat dan Lezat!

4. Daal

Daal terbuat dari lentil yang dimasak kari dengan kunyit, kayu manis, garam masala, dan bumbu-bumbu lainnya. Daal dapat dibuat dari berbagai jenis lentil. Misalnya toor daal, masoor dal (lentil merah), dan chana daal (kacang kapri).

Di India daal adalah lauk nasi atau dimakan bersama roti dan naan. Daal juga dapat disajikan bersama sayur-sayuran dan dijadikan sup. Makanan ini tinggi protein, prebiotik, dan serat pangan.

Paduan serat dan prebiotik akan membantu pencernaan mengolah makanan serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Pencernaan yang sehat dapat mengurangi stres dan tekanan mental. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan berkaitan dengan otak. B

Selain itu, bakteri baik di dalam usus juga membantu memproduksi hormon dopamin dan serotonin yang dapat meningkatkan mood.

5. Kari ikan

Menu ini terbuat dari ikan segar, rempah, serta santan kental. Kari ikan Alleppey merupakan menu populer di India dengan rasa manis asam.

Disebut kari ikan Ailleppey karena berasal dari daerah tersebut, yang dikenal dengan menu-menu ikannya yang enak. Ikan laut yang dipakai biasanya adalah makarel dan dimasak dengan tamarin atau mangga muda.

Dikarenakan bahan utamanya ikan, sudah pasti menu ini kaya protein, omega 3 dan 6, serta berbagai mineral. Jika Anda tidak ingin mengonsumsinya karena ada kandungan santannya, Anda bisa menggantinya dengan yoghurt.

6. Jalfrezi

Jalfrezi adalah tumisan namun penampilannya mirip dengan kari. Menu ini memiliki banyak variasi. Hampir setiap daerah di India memiliki jenisnya sendiri.

Jalfrezi merupakan paduan bahan kaya protein seperti ayam atau udang, diramu dengan merica, bawang merah, dan tomat. Penggunaan jahe, cumin, dan cengkeh memberikan aroma rempah yang lebih kuat.

Antioksidan di dalam tomat, bawang, dan merica dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dari tomat juga sangat kaya di dalam menu ini dan protein dari bahan utamanya mempercepat regenerasi sel.

Baca Juga: 14 Makanan Khas Thailand yang Sehat dan Lezat, Mau Coba?

7. Masala bhindi

Okra atau dalam bahasa India disebut Bhindi adalah bahan utama dari menu ini. Masala bhindi disajikan bersama saus tomat dan rempah kemudian dimakan dengan roti atau naan.

Okra merupakan sayuran tinggi serat dan baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Sehingga bisa dikatakan masala bhindi adalah menu yang aman bagi penderita diabetes, asalkan tidak menambah terlalu banyak roti.

Selain itu, menu ini juga menawarkan antioksidan tinggi yang terkandung di dalam tomat, rempah, dan okra, sehingga baik dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki sindrom metabolik.

sindrom metabolik merupakan kondisi yang berhubungan dengan tingginya tekanan darah, gula darah, lingkar pinggang di atas normal, serta kadar kolesterol. Sindrom ini dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

8. Baingan bharta

Baingan bharta adalah menu lezat yang terbuat dari terong yang dikupas dan dilumatkan, lalu dipanggang hingga matang. Disajikan dengan saus tomat kental yang dibumbui cabai dan kunyit.

Terong adalah sayuran yang ampuh menurunkan kolesterol, asalkan tidak digoreng karena sangat menyerap minyak. Karena baingan bharta menggunakan terong panggang, menu ini cukup sehat dikonsumsi.

Ditambah dengan kunyit dan cabai yang kaya antioksidan dan antiinflamasi, menu ini aman bagi Anda yang menderita diabetes dan radang sendi. Selain itu, kunyit juga merupakan antikanker yang kuat.

Nah, itulah sekelumit menu masakan India yang cukup populer di negara tersebut. Apakah Anda berminat mencoba makanan khas India seperti yang disebutkan di atas?.

 

  1. Devje, Shahzadi. 2021. 8 Scrumptious, Nutritious Dishes from Across India. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-indian-food. (Diakses pada 8 Maret 2022).
  2. Sheth, Vandana. 2021. 8 Healthy Dishes to Order at Indian Restaurants, According to an RD. https://www.everydayhealth.com/columns/my-health-story/healthy-dishes-to-order-at-indian-restaurants-according-to-an-rd/. (Diakses pada 8 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi