Terbit: 31 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Peradangan kulit merupakan salah satu kondisi di mana kulit akan mengalami sejumlah ruam. Tidak hanya itu saja, peradangan yang terjadi pada kulit biasanya juga disertai dengan sensasi rasa nyeri atau pun terbakar. Sebagai tambahan informasi, penyebab dari peradangan kulit sendiri cukup beragam.

Ragam Makanan yang Cegah Peradangan Kulit

Mulai dari gaya hidup yang kurang sehat hingga pemakaian produk perawatan kulit dengan kandungan bahan yang terlalu keras. Untungnya, masalah peradangan kulit ini dapat diatasi dengan mudah. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan berikut.

1. Ikan Berlemak

Salah satu jenis makanan yang dapat mengatasi masalah peradangan pada kulit adalah ikan berlemak atau biasa disebut dengan fatty fish. Fatty fish sendiri biasanya meliputi tuna, salmon, makarel dan sarden. Dilansir dari laman Health, ikan-ikan berlemak tersebut mengandung omega-3 yang sangat berlimpah. Apalagi omega-3 merupakan salah satu zat alami yang mampu mengurangi masalah peradangan.

2. Whole Grains

Bahan lainnya yang dapat mengatasi peradangan pada kulit adalah whole grains. Whole grains sendiri berperan dalam mengurangi kadar dari potein C-reactive yang kerap memicu peradangan. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi whole grain juga sangat baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung serat yang menyehatkan.

3. Sayuran

Dilansir dari laman Health, untuk mengurangi dan mencegah peradangan pada kulit, Anda diharuskan memperbanyak konsumsi sayuran. Terutama sayuran hijau dan berdaun. Hal ini rupanya berkaitan dengan adanya kandungan vitamin E pada sayuran tersebut yang ampuh memerangi molekul penyebab peradangan pada kulit. Beberapa sayuran yang termasuk sayuran hijau dan berdaun antara lain: bayam, brokoli dan kale.

Wah, siapa yang akan menyangka ternyata peradangan pada kulit dapat diatasi menggunakan sejumlah jenis makanan seperti di atas. Seperti yang telah diketahui, sejumlah bahan makanan di atas juga mudah untuk didapatkan sehingga Anda dapat mengonsumsinya kapan saja. Jadi, tertarik untuk mencobanya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi