Terbit: 30 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kita tentu pernah mendengar tentang makanan yang dilapisi emas seperti es krim, pizza, cupcake, dan makanan-makanan lainnya. Mengingat emas termasuk dalam logam mulia yang berharga mahal, makanan yang berlapis emas ini dianggap sebagai makanan mewah. Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah makanan yang berlapis emas ini aman untuk dikonsumsi?

Makanan Berlapis Emas Aman Dikonsumsi?

Emas yang dipakai untuk melapisi makanan ini biasanya yang berupa gold leaf. Emas ini benar-benar asli, namun kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menjadi lembaran yang sangat tipis dan bisa dibentuk sebagai pembungkus atau topping makanan. Biasanya, emas ini adalah yang berwarna kuning dengan ukuran 22 karat.

Yang menarik adalah, gold leaf ternyata sudah mendapatkan label food-grade atau aman untuk dikonsumsi dan tidak akan memicu keracunan. Hanya saja, karena terbuat dari logam, tentu saja emas ini tidak akan memberikan nutrisi sehingga tidak akan mempengaruhi kesehatan. Kita hanya akan mendapatkan kesan mengonsumsi makanan mewah saja. Secara rasa, emas ini juga cenderung hambar dan tidak menambah cita rasa masakan.

Selain gold leaf, ternyata ada logam lain yang juga dijadikan pelapis makanan, yakni vark. Tak hanya emas, vark juga bisa menggunakan bahan perak. Lembaran vark yang dipakai untuk melapisi makanan ini cenderung sangat mudah hancur sehingga cocok untuk disajikan di atas kue, khususnya kue khas India bernama Barfi.

Melihat adanya fakta ini, kita tidak perlu khawatir jika tiba-tiba saja disuguhi makanan yang berlapis emas. Makanan ini sudah dipastikan aman untuk dikonsumsi. Hanya saja, jika kita ingin membelinya sendiri, ada baiknya kita berpikir dua kali karena harganya tentu sangat mahal dan menguras keuangan kita.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi