Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 31 May 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi terbaik di dunia. Ada bermacam-macam jenis kopi yang dihasilkan, seperti kopi hitam, robusta, hingga kopi luwak. Tak heran jika sebagian besar orang Indonesia sangat menyukai kopi dan mungkin Anda adalah salah satunya.

Kopi Jamur, Kopi Sehat yang Aman untuk Dikonsumsi

Photo Credit : pexels.com

Tak sedikit orang yang memulai hari dengan meneguk secangkir kopi di pagi hari. Mereka percaya, jika dengan meminum kopi, pikiran menjadi lebih fresh dan siap untuk melakukan aktivitas. Begitu juga bagi mereka yang suka begadang. Kopi sering dijadikan teman untuk begadang karena dipercaya dapat membuat mata menjadi melek dan tidak ngantuk. Tak hanya itu, saat sedang nongkrong bersama kawan-kawan pun kopi tak luput dari minuman yang dipilih. Tidak hanya pria saja yang menyukai minuman ini, bahkan wanita juga menyukainya.

Kopi memiliki rasa yang nikmat, apalagi jika di olah menjadi berbagai macam minuman seperti yang tersedia di beberapa kedai kopi. Namun, dibalik rasanya yang nikmat, kopi memiliki kandungan kafein yang akan sangat berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Selain itu, mengonsumsi kopi terlalu banyak juga bisa meningkatkan produksi hormon adrenalin yang membuat jantung berdetak tidak normal hingga menimbulkan gangguan tidur. Kopi juga akan membuat orang yang meminumnya merasa ketagihan sehingga ingin terus mencoba meminumnya lagi. Tidak sedikit pula yang merasa sakit kepala jika satu hari saja tidak menyeruput kopi.

Jika Anda sudah mengetahui dampak buruk yang akan terjadi jika meminum kopi terlalu banyak, mungkin Anda bisa mencoba jenis kopi lain yang aman untuk dikonsumsi, yakni kopi jamur.

Kopi jamur dianggap lebih sehat daripada kopi biasa karena mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal racun yang akan masuk ke dalam tubuh. Kandungan kafein pada kopi jamur hanya setengah dari kandungan kafein pada kopi biasa.

Pada awal kemunculannya, kopi jamur biasa digunakan dalam pengobatan tradisional China yang ternyata efektif untuk mencegah diabetes dan mengurangi risiko kanker. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa kopi jamur dapat mengontrol kadar gula, melawan kelelahan, meningkatkan energi, menguatkan sistem pencernaan, dan melawan bakteri serta virus.

Setelah Anda mengetahui manfaat kopi jamur yang ternyata lebih sehat dari kopi biasa, tidak ada salahnya jika mulai saat ini Anda mengganti kebiasaan meneguk kopi biasa dengan kopi jamur.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi