Terbit: 16 April 2018 | Diperbarui: 31 May 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Makan siang memang sangat penting dan tidak dapat ditinggalkan walau sesibuk apapun aktivitas yang sedang dilakukan. Sebab, dengan makan siang, tubuh akan kembali pria sebab cadangan energi yang telah terpakai akan terisi kembali. Dengan begitu, Anda pun bisa melanjutkan akitivitas dengan lancar tanpa halangan rasa lapar atau pun tubuh yang lemas.

Konsumsi 3 Jenis Makanan ini Sebelum Makan Siang Agar Tak Cepat Lapar

Namun, banyak yang beranggapan jika makan siang tidak begitu penting karena rasa kenyang yang diberikan tak bertahan lama. Menurut mereka, setelah makan siang biasanya justru membuat nafsu makan menggila. Dengan begitu mereka melampiaskannya dengan camilan-camilan tertentu.

Hal itu memang benar dan banyak dialami oleh sebagian orang, terutama yang memiliki aktivitas padat. Tapi, sebenarnya ada cara yang bisa membuat efek kenyang lebih lama saat makan siang. Cara tersebut adalah mengonsumsi 3 jenis makanan ini sebelum makan siang dilakukan.

1. Buah-Buahan

Sebelum makan siang, ada baiknya Anda mengonsumsi buah-buahan terlebih dahulu. Ada banyak buah yang bisa Anda konsumsi, misalnya apel, pisang, atau buah yang mengandung karbohidrat lainnya. Praktiknya pun mudah, satu jam sebelum makan siang, konsumsi setidaknya 2 buah saja. Cara ini dipercaya bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga Anda tidak akan terpikirkan lagi untuk nyamil makanan-makanan tak sehat.

2. Kacang-Kacangan

Selain buah, Anda juga bisa mengonsumsi jenis kacang-kacangan sebelum makan siang dilakukan. Beberapa jenis kacang yang bisa Anda konsumsi diantaranya kacang hitam, cannellini, lentil, dan kacang-kacangan yang mengandung karbohidrat lainnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa merubah kacang-kacangan menjadi camilan yang sehat, misalnya salad atau sup.

3. Minum Air Putih

Satu jam sebelum makan, usahakan untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Sebab, air putih bisa memberikan energi bagi tubuh Anda yang sedang lelah dengan pekerjaan. Selain itu, air putih juga dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi otak Anda. Air putih sendiri merupakan minuman yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama daripada camilan yang sifat kenyangnya sementara.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi